REVIEW SECRET KEY STARTING TREATMENT ESSENCE

by - September 23, 2020

Halo semua apa kabar?
Gimana PSBB season 2 kali ini ?
Semoga semua masih tetap semangat yah. 
Meski batin meronta-ronta karena dompet makin kosong hehe 😋.

Di postingan artikel kemaren gue curhat dan ngebahas masalah jerawat gue, kali ini gue akan ngebahas produk yang bikin kulit muka gue yang berjerawat parah waktu itu bisa sembuh hehe. Pasti udah tahu lah yah sama produk ini, produk legendaris sih kalo menurut gue haha. The main reason why I get obsessed with korean skincare, salah satunya karena produk ini. As the title, gue akan membahas Secret Key Starting Treatment Essence. Dibanyak artikel terdahulu banyak yang menyebutkan bahwa produk ini adalah dupe dari SK-II yang superb itu pemirsah, yang harganya bikin jiwa misqueen ku meronta. Lalu bagaimana dengan performance dikulit ku yang super ini, dibaca sampai habis saja monggo hehehe.

Secret Key Starting Treatment Essence

Sebelum gue bahas masalah packaging dan yang lainnya, gue akan cerita sedikit soal Secret Key ini. Jadi gue awal tahu si Secret Key Starting Treatment Essence ini karena jerawat gue cukup parah waktu itu sekitar tahun 2016 saat gue ngebahas di My Acne Story, singkatnya gue jadi sadar skincare dan mulai mencari berbagai artikel tentang dunia per skincare-an. Saat itu gue belum mengenal apa itu e-commerce hahaha, masih cupu banget lah tentang dunia belanja online kala itu. Terus ada beberapa artikel yang bilang harus pakai First Toner atau First Toner Essence(FTE) yang gunanya untuk menyiapkan kulit dalam tahapan skincare selanjutnya. Si Secret Key Starting Treatment Essence ini yang selalu jadi rekomendasi sobat internet kala itu sebagai first toner yang bagus. Awalnya gue ragu karena muka gue ini lumayan jadi sensitif banget, maksudnya kalau ada produk yang ngga cocok langsung jerawatan, lalu akhirnya setelah wabah jerawat gue mulai parah akhirnya gue beli produk ini hehe. Kira-kira begitulah intronya 😋.

Baca Juga : My Acne Story

PACKAGING

Pas pertama kali paketan si Secret Key Starting Treatment Essence ini sampai, gue lumayan kaget ternyata cukup bulky dan menurut gue isinya juga cukup banyak. Jadi gue tarik ucapan gue yang bilang ini mahal hahaha. Packaging-nya dari botol kaca yang cukup kokoh dengan tutup ulir dan dibagian mulut botolnya ada pengaman untuk tetap menjaga kehigienisan isi produk (punya gue, sudah gue buang). Dikemas dalam kotak/dus berwarna putih dengan gambar lambang rose yang melambangkan salah satu main ingredients dari produk tersebut.

Secret Key Starting Treatment Essence

Gue beli pertama kali waktu itu di Elevenia sebelum demam shoppee menyerang hehe, pas pertama kali beli yang original bukan yang Rose Gold Edition kaya yang gue punya sekarang. Tulisan hangul-nya pun masih terpanjang tanpa adanya bahasa indonesia sama sekali. Saat gue repurchase lagi, gue sudah beli di Sociolla dan waktu itu harganya diskon HAHA. Di kotak/dusnya sudah berisi banyak informasi dengan bahasa Indonesia soal masalah ingredients, expaired date dan juga nomor BPOM.

ABOUT SECRET KEY STARTING TREATMENT ESSENCE

Secret Key Starting Treatment Essence Rose mengandung 94% Galactomyces, salah satu fermentasi filtrate ragi yang memiliki khasiat baik untuk kulit. Galactomyces memiliki lebih dari 50% protein dan kandungan vitamin B1, B2, Niacin dan asam folat. Jadi tidak hanya kandungan ini akan memberikan nutrisi yang diperlukan kulit tapi juga akan memberikan efek melembapkanmenghaluskan tekstur wajah, mencerahkan, menyegarkan wajah, mengurangin minya berlebih. Hadir dengan limited edition dengan kemasan Tutup Botol Rose Gold dan Botol Print Rose.
Kandungannya pun aman karena bebas dari paraben, alcohol, mineral oil, phenoxyethanol, benzophenone, triethanolamine, animal oil, sulfate, artificial coloring. (source : Sociolla)
INGREDIENTS

Seperti yang kalian tahu produk ini adalah salah satu best seller dari Secret Key dan juga sebagai dupe dari SK-II jadi sudah pasti main ingredients dari produk ini adalah fermentasi dari ragi, namun bukan fermentasi yang menghasilkan alkohol yah, tapi di proses kembali untuk menjadi agen pelembab untuk kulit dengan kandungan anti oksidan dan anti aging yang di sebut sebagai Galactomyces. SK-II sendiri mematenkan ingredients tersebut dengan nama Pitera seperti yang sudah kita tahu saat ini.

Secret Key Starting Treatment Essence

Seperti yang tertulis di atas bahwa produk ini aman tanpa bahan pengawet, alcohol dan juga mineral. Kandungannya sendiri ada banyak main ingredients yang bagus untuk wajah seperti niacinamide, Glycerin, Grapefruit Seed Extracts dan juga Rosa Centifolia Flower Water

TEXTURE & SCENT

Secret Key Starting Treatment Essence

Untuk teksturnya sendiri ini cair seperti air, dan juga tidak berbau apapun, itu based on my opinion yah. Jika dibandingkan dengan toner lain, sepertinya Secret Key Starting Treatment Essence ini yang paling cair. Selain itu apabila di aplikasikan dengan menggunakan kapas, rasanya kaya kebuang aja gitu air suci yang gue udah beli dengan harga diskon hehe. Kayanya ngga nyerep kekulit kalau pakai kapas, biasanya gue pakai ini dengan keadaan bare hand dan sudah bersih, terus ditemplok kemuka setelahnya di tepuk-tepuk agar lebih meresap ke wajah. Biasanya suka ngga nyantai pas gue tepuk-tepuk muka gue hahaha, maksud hati pengen kaya drama-drama korea dimana pemain cewe-nya pas lagi pakai skincare anggun ditepuk-tepuk manja lah gue berasa ngga sabaran haha.

STEP PENGGUNAAN

Untuk step skincare-nya sendiri gue memakai ini setelah gue toning muka gue dengan toner yang bersifat untuk cleanse wajah (biasanya ada bahan alcoholnya), biasanya gue make sure kembali saat usai cuci muka dengan menggunakan facial wash agar tidak ada residu yang tertinggal di muka.

Makeup remover → Facial Wash → Toner → STE → Serum → Pelembab

Secret Key

Di pagi hari biasanya gue jarang banget pakai skincare hehe, jangan di tiru yah. Biasanya gue hanya akan pakai sunscreen saja. Untuk caranya seperti yang gue bilang di tepuk-tepuk manja agar essence-nya menyerap ke kulit wajah. Kulit gue sendiri adalah tipe kombinasi berminyak namun gue masih sangat suka karena teksturnya yang seperti air yang langsung menyerap di wajah.

CONCLUSION 

Setelah kurang lebih 4 tahun lamanya gue baru review soal produk ini hehe. Perjalanan skincare gue terbilang cukup berliku dan kenapa gue masih mempertahankan Secret Key Starting Treatment Essence ini adalah selain isinya yang lumayan banyak dan lumayan murah adalah karena performance-nya. Meski hasilnya memang tak terlihat instant, namun menurut gue produk ini cukup unggul dalam proses mengembalikan kondisi kulit dengan banyak noda bekas jerawat menjadi pudar dan juga sangat melembabkan, meski tipe kulit gue kombinasi berminyak namun menurut gue kadar lembabnya pas dan setelah bangun tidur pun tidak terasa greasy (berminyak). Di tahun pertama pemakaian yaitu di tahun 2016, gue purchase ini yang versi originalnya tanpa ada Rose-nya, kondisi wajah gue sangat terbantu proses recovery-nya, noda-noda jerawat mulai menghilang, jerawat lebih terkontrol tidak separah saat awal breakout dan wajah gue lumayan cerah. Namun saat gue repurchase kembali di tahun 2018 produk ini gue beli di Sociolla dengan seri yang berbeda. Amat sangat di sayangkan produk yang originalnya tidak di jual di sini, karena menurut gue yang original sangat berpengaruh cukup banyak di gue, namun di seri yang ada Rose-nya sepertinya tidak semantap yang original. Lah terus kenapa masih di terusin toh? yah karena belum ada Starting Toner yang cocok dan juga terjangkau dari segi harga hehe. Terakhir kali pakai si toner viral hijau itu, malah bikin muka sukses jerawatan parah. Untuk kalian yang kulitnya banyak noda bekas jerawat dan juga yang kulitnya super kering wajib banget coba ini karena menurut gue ini sangat melembabkan. Tapi jangan lupa juga untuk cek ingredients list-nya karena untuk me-minimize ketidakcocokan terhadap ingredients tertentu.

Source : Skincarisma

Based on skincarisma ini tidak Fungal Acne safe, karena kandungan Galactomyces yang tidak cocok untuk orang-orang yang memiliki masalah fungal acne. Namun untuk lebih jelasnya, cocok atau ngga nya tergantung dari jenis kondisi kulit kalian yah, jadi kudu di tester dulu kalau perlu. Secret Key STE ini di Sociolla juga ada yang ada ukuran kecilnya jadi bisa banget untuk dicoba, jadi ngga rugi-rugi banget kalau ngga cocok. Menurut gue ini sangat cocok untuk kalian yang masih pemula dalam dunia skincare yang baru memulai untuk memakai FTE (First Essence Toner), karena saat awal gue mulai dunia per skincare-an, gue hanya memakai si Secret Key Starting Toner saja dan itu sudah cukup memberi perubahan yang cukup signifikan. Jadi tinggal di sesuaikan saja dengan kebutuhan kondisi kulit dan juga kondisi kantong pastinya hehe. Harganya menurut gue masih cukup terjangkau dan di gue biasanya produk ini habis, kurang lebih 8 bulanan. Gue masih memakai produk ini sampai titik pengahabisan, mungkin akan beralih mencoba STE yang lain meski gue masih rada bingung hehe, ada rekomendasi kira-kira sobat internet ?.

Positive
👉 Isinya cukup banyak kira-kira dipakai setahunan bisa hehe
👉 Ingredients-nya tidak memakai bahan yang harsh(keras) untuk kulit
👉 Masih dapat diterima untuk kulit berminyak seperti gue
👉 Sudah ada official store yang menjual di Sociolla

Negative
👉 Terbuat dari botol kaca (gampang pecah)
👉 Tidak Fungal Acne Safe




You May Also Like

4 comments

  1. Essence dari Secret Key ini menggoda banget ya dengan komposisinya yang minimal. Kebetulan aku baru pernah coba sheet mask yang Galactomyces mereka, setelah pake sheet mask kulit jadi halus banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba super banget emang Essence-nya, bikin lembab dan glowing. Dicoba aja mba yang mini version-nya juga ada di Sociolla hehe. Makasih mba sudah mampir :)

      Hapus
  2. aaa jadi pengen nyobain secret key nih, belum pernah cobain produknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba mba hehe. Bisa jd starter toner untuk pemula hehe. Makasih mba udh mampir :)

      Hapus