REVIEW SUNSCREEN YANG RAMAH UNTUK SI KULIT BERMINYAK : SCARLETT ULTRA LIGHT DAILY SUNSCREEN SPF 50+ PA++++

by - Desember 27, 2023

scarlett ultra light sunscreen

Beberapa waktu lalu sempet heboh jagat perskincarean karena ada salah satu sunscreen yang terbukti tidak sesuai dengan klaim SPF-nya. Sayangnya, ini bukan kali pertama sunscreen yang ternyata terbukti tidak sesuai dengan uji klaim SPF-nya. Pastinya, kita sebagai konsumen dan juga skincare enthusiast juga jadi khawatir terhadap produk-produk yang ternyata tidak sesuai regulasinya. Apalagi di tengah cuaca yang tidak menentu ini, sunscreen masih menjadi salah satu primadona dan masih menjadi salah satu produk skincare terpenting di tengah cuaca yang lumayan hectic. Berikut gue akan kasih tips buat pilih sunscreen yang tepat dan aman untuk kulit, berdasarkan dari beberapa artikel yang gue baca dan juga berdasarkan dari pengalaman pribadi :

  • Cek Kandungan Perlindungan Sunscreen (UVA & UVB)
Salah satu hal penting saat ini menurut gue adalah memperhatikan kandungan perlindungan yang terdapat pada sunscreen. Seperti "PA" (Protection of UVA) atau "broad spectrum", karena menunjukan tingkat perlindungan sunscreen terhadap nilai UVA. Selain itu juga harus periksa bahan kandungan aktif yang dipakai pada sunscreen. Seperti Titanium Dioxide, Zinc oxide, Ethylhexyl Methoxycinnamate dan Octocrylene. Kalian juga bisa langsung search bahan aktif sunscreen melalui google atau berbagai website kecantikan yang sudah berisi banyak informasi mengenai bahan kandungan dalam kosmetik. Jadi, jangan hanya terfokus pada nilai SPF-nya saja, tapi harus pastikan bahwa ada banyak kandungan aktif sunscreen yang digunakan, serta PA-nya tinggi dan sudah teruji secara dermatologis. 

  • Cek Izin Dari BPOM
Setiap produk skincare yang kita pakai pastinya harus kita cek daftar izin BPOM-nya, termasuk juga untuk produk sunscreen. Pastinya dengan menjamurnya pasar kosmetik lokal saat ini, sudah banyak yang aware mengenai masalah cek izin BPOM. Caranya dengan "Cek KLIK" (Cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kadaluwarsa) sebelum membeli produk sunscreen yang nantinya kita akan pakai. Untuk cek nomor izin yang terdaftar lewat BPOM bisa kalian cek melalui website resmi BPOM (cek.bpom.pom.go.id) atau melalui aplikasi BPOM yang sudah tersedia sekarang ini. Pastinya harus lebih berhati-hati dan jangan tergiur harga yang murah saja pastinya hehe.

  • Pilih Dari Brand Terkenal  
Pastinya sih kita harus pilih sunscreen yang memang dari brand yang sudah punya reputasi dan juga sudah tepercaya. Jangan asal memilih hanya karena sedang viral tapi ternyata produk sunscreen tersebut malah memiliki klaim SPF palsu. Makanya penting untuk kita selalu mencari info mengenai sunscreen tersebut sebelum membelinya, lewat ulasan dari beauty reviewer atau pun info lewat online. 

scarlett ultra light sunscreen

Salah satu sunscreen yang mau gue rekomendasi dan pastinya sudah bagus reputasinya ada dari Scarlett. Belum lama ini Scarlett meluncurkan kembali sunscreen dengan varian baru yang diformulasikan untuk pemilik kulit yang cenderung berminyak. Kali ini gue akan review lengkap Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen SPF 50+ PA++++ yang katanya bisa meresap di kulit dalam hitungan detik! Pastinya sunscreen dari Scarlett ini sudah di uji secara dermatologis oleh ahlinya, memakai kandungannya yang bagus untuk kulit dan juga sudah terdaftar oleh BPOM. Buat kalian yang penasaran langsung aja scrolling sampai bawah yah.

ABOUT SCARLETT ULTRA LIGHT DAILY SUNSCREEN SPF 50+ PA ++++

TRIPLE PROTECTION from UVA, UVB, & BLUE LIGHT. Menggunakan teknologi Hybrid Sunscreen, sehingga lebih efektif melindungi kulit dari sinar UVA & UVB. Sunscreen dengan tekstur water-menjadikan lebih ringan & lebih mudah menyerap hanya dalam 20an detik saja tanpa meninggalkan whitecast. Semakin maksimal melindungi dengan SPF50+ PA++++ yang sudah teruji lab In Vivo & In Vitro. Dilengkapi juga dengan hero ingredients 7X Ceramide & 9X Hyaluronic Acid yang menjadikan kulit terlindungi sekaligus merawat skin barrier serta melembabkan. Cocok digunakan bagi kulit berminyak.

Benefit :
  • Melindungi kulit dari sinar UVA & UVB 
  • Memproteksi kulit secara maksimal dengan penyerapan cepat hanya 20an detik saja!
  • Melindungi dari sinar biru gadget dan cahaya elektronik lainnya
  • Menangkal sunburn dan tidak whitecast
  • Merawat skin barrier wajah serta melembabkan

KEMASAN 

scarlett sunscreen

scarlett sunscreen

Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen ini punya kemasan berbentuk tube yang agak pipih memanjang, dilengkapi dengan tutup model flip top. Untuk desain kemasannya terlihat berbeda menurut gue, dengan dominasi warna biru yang disesuaikan dengan tema sunscreennya yang terlihat lebih fresh dan juga disesuaikan dengan kesukaan pasar saat ini yang desainnya terlihat lebih kekinian. Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen ini dilengkapi dengan plastik bag berwarna senada yang sudah berisi banyak informasi mengenai produknya.

HIGHLIGHT INGREDIENTS

scarlett ultra light daily sunscreen

Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen ini punya banyak kandungan skincare yang bagus untuk kulit wajah. Jadi selain bisa melindungi kulit dari paparan jahat sinar UVA dan UVB, juga memberi nutrisi yang bagus untuk kulit dan menjaga skin barrier pada kulit. Berikut gue akan rangkum satu-satu kandungan yang terdapat pada Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen ini :
  • Blumilight, salah satu kandungan yang sedang populer belakangan ini berasal dari ekstrak Theobroma Cocoa Seed yang kaya akan flavonoid, procyanidins dan epicatechins. Bermanfaat untuk membantu kulit melawan polusi cahaya biru atau blue light, membantu menjaga kelembapan dan merawat elastisitas kulit wajah.
  • Ceramides, kandungan yang punya manfaat untuk memperkuat skin barrier, memberikan hidrasi pada kulit dan mencegah kulit dari iritasi. Kandungan ceramide yang terdapat pada Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen ini ada 7 jenis ceramide.
  • Hyaluronic Acid, kandungan yang punya fungsi untuk menjaga kelembapan kulit, mambantu merawat skin barrier, menjaga elastisitas kulit wajah. Kandungan Hyaluronic Acid yang terdapat pada Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen ini ada 9 jenis hyaluronic acid.
  • D-Panthenol, salah satu kandungan yang punya manfaat untuk menjaga kelembapan kulit wajah, menghaluskan kulit wajah dan melindungi kulit dari paparan sinar UV.
  • Peptide, kandungan zat yang termasuk dalam golongan asam amino ini punya manfaat untuk merangsang kolagen agar kulit tetap terjaga elastisitasnya, mencegah tanda penuaan dini, merawat skin barrier dan menyamarkan kerutan halus di wajah.
  • Allantoin, kandungan allantoin ini punya kinerja yang bertindak sebagai emolien yang punya fungsi untuk menjaga kelembapan untuk kulit, membuat kulit lebih halus dan menyejukan wajah yang teriritasi ringan.
  • Niacinamide, kandungan yang dapat menjaga kelembapan wajah, mencerahkan warna kulit yang tidak merata, membantu mengontrol produksi minyak pada wajah.
Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen ini termasuk dalam golongan hybrid sunscreen, dimana terdapat kandungan chemical dan physical sunscreen agent. Untuk kandungan chemical-nya ada Butyl MethoxydibenzoylmethaneEthylhexyl Methoxycinnamate dan Octocrylene. Ketiganya punya kandungan triple action yang dapat melindungi paparan sinar UVA dan UVB. Selain itu, ada kandungan physical yang memakai Titanium Dioxide, untuk bisa memberikan ekstra perlindungan dari paparan sinar radiasi UVA dan UVB. Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen ini memiliki SPF 50+ dengan PA++++, yang berarti memberikan perlindungan kulit secara maksimal dari paparan sinar matahari. Meskipun begitu tetap harus reapply sunscreen setiap 3 atau 4 jam sekali yah.

TEKSTUR & AROMA

scarlett ultra light sunscreen

Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen ini punya tekstur watery cream dengan konsistensi yang cukup cair. Untuk warna tekstur dari Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen ini sendiri putih susu. Saat dibaurkan ini cepat banget melt-nya dan harus buru-buru untuk dipakaikan ke wajah. Padahal gue cuma pakai ini sedikit di area punggung tangan gue, tapi berasa udah super lembap banget berasa kaya pakai lotion. Wanginya pun ini enak banget kaya wangi manis susu gitu kali yah, pokoknya aromanya enak banget. 

FORMULASI & CARA PAKAI

scarlett ultra light sunscreen

Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen ini punya klaim sebagai sunscreen yang water based. Pengalaman saat pertama kali pakai di gue sendiri sih memang sunscreen ini saat dikeluarkan sangat cair dan langsung melt di tangan saat hendak di aplikasikan. Jadinya, gue kaya keburu-buru buat taruh di muka karena teksturnya yang gampang cair. Saat gue mengaplikasikan dengan satu ruas jari ternyata ini amat sangat hydrating di wajah. Kalau menurut gue untuk penggunaannya harus sedikit-sedikit dulu, karena menurut gue kalau langsung 2 ruas jari takutnya penyerapan untuk sunscreennya jadi kurang maksimal. Memang masih dalam hitungan detik sih untuk penyerapannya ke wajah tapi sepertinya lebih dari 20an detik sepertinya dan di gue yang punya kulit kombinasi ini berasa banget hidrasinya. Finishnya sendiri menurut gue masih tetap keliatan becek atau agak satin kali yah. Jadi, masih terasa banget moistnya dan efek dewy atau glow-nya masih tetep keliatan. Menurut gue ini ngga terlalu matte di wajah gue dan masih amat sangat menghidrasi wajah gue setelah sunscreennya meresap sempurna di wajah.

scarlett ultra light sunscreen

Untuk cara pakainya sendiri seperti biasa sebanyak dua ruas jari dan di aplikasikan ke seluruh wajah dan leher secara merata. Saran dari gue sih karena teksturnya yang cair dan gampang melt, lebih baik dipakai secara sedikit sedikit. Supaya terlihat maksimal saja untuk penggunaanya dan bisa terproteksi dengan baik di kulit. Sunscreen ini bisa kalian pakai sebagai base primer atau skin preparation sebelum memakai makeup karena hidrasinya yang cukup maksimal menurut gue. Bikin makeup-nya jadi lebih nempel dan make up lebih tahan lama. Karena tipe wajah gue kombinasi beminyak gue suka skip pakai moisturizer kalau pakai Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen ini, karena sudah sangat menghidrasi dan sudah melembapkan banget menurut gue. 

FINAL REVIEW

Setelah pakai Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen ini kurang lebih 2 mingguan. Menurut gue sunscreen ini sangat sesuai dengan namanya. Karena Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen ini saat dipakai di kulit gue yang kombinasi berminyak ini memang ringan dan sangat cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Proteksinya sendiri sesuai dan juga sudah sesuai dengan klaim SPF-nya dari hasil uji riset dermatologis yang terkemuka. Menurut gue ini adalah salah satu nilai plus untuk Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen ini. Selain itu, harganya termasuk yang affordable dan bisa didapatkan lewat e-commerce atau pun saat ini sudah bisa ditemukan di berbagai drug store.

Untuk kandungannya sendiri juga bagus-bagus banget sih, bener-bener menghidrasi kulit luar dalam jadinya menurut gue hehe. Jadi, kalau pakai sunscreen ini tuh serasa kaya dikasih minum air kulitnya hehe. Untuk finishnya sendiri di kulit gue cenderung satin dan tidak terlalu matte. Jujur sih gue ngga masalah karena pernah pakai sunscreen yang terlalu matte, jadinya bikin muka gue kaya ketarik banget dan makeup juga jadi ngga nempel. So far, untuk klaimnya yang bilang meresap dalam 20an detik yah ada benernya juga sih, tapi ngga sampe 20 detik banget sih sekitar 40 detik lah baru mulai keliatan menyerap di wajah hehe. 

Jadi, kesimpulannya Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen ini approved menurut gue untuk kalian yang punya kulit berminyak kombinasi kaya gue atau yang sensitive skin. Karena setelah dipakai lama pun, sunscreen ini tidak menimbulkan masalah apapun di kulit gue. Apalagi dengan harga yang cukup affordable kayanya sih worth banget buat di coba. Buat kalian yang mau coba Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen ini jangan lupa buat cek keaslian produknya sebelum membeli dengan cek kode barcode-nya yah gengs. Untuk link verify produk Scarlet dan link belanjanya gue taruh di bawah yah. Thank you gaes!

Shop here

Cek Produk Scarlett









You May Also Like

2 comments

  1. produk scarllet makin banyak & lengkap ya mbak, aku kudet banget kayaknya. kulitku juga berminyak banget, berjerawat pula, tp keseharianku cuma di kantor jadi jarang pake yg SPF 50, paling mentok SPF 35 aja hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu aku juga gitu kak milih-milih spf kalau pakai sunscreen, tapi untungnya udah banyak yang bagus. cobain ini aja kak teksturnya enak dan cocok buat oily skin.

      Hapus