SKINSOCIATE : KOMUNITAS BEAUTY YANG DI BANGUN SKINPROOF SEBAGAI WADAH UNTUK BEAUTY ENTHUSIAST

by - Oktober 10, 2023

skinsociate, skinproof

Industri kecantikan yang ada di Indonesia berkembang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Berkembangnya industri kecantikan yang ada di Indonesia juga karena adanya peran besar beauty influencer yang menghiasi media sosial saat ini. Dampak dunia digital yang semakin mendominasi menjadikan beauty influencer sebagai salah satu patokan untuk konsumen saat ini sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk kecantikan. Ulasan atau review yang orisinil dari beauty influencer terhadap produk yang mereka gunakan menjadi salah satu alasan utama konsumen sebelum membeli dan juga sebagai alat marketing dari brand untuk memasarkan produk mereka secara tidak langsung. Selain itu, hadirnya beauty influencer yang ada di Indonesia juga membuat insipirasi bagi wanita Indonesia atau peminat dalam dunia kecantikan. Banyaknya peminat di bidang kecantikan saat ini juga membuat banyak hadirnya platform beauty yang bermunculan dan beberapa brand kosmetik juga ikut andil dalam membangun wadah komunitas beauty sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap antusiasme beauty enthusiast yang ada di Indonesia. Komunitas kecantikan yang hadir saat ini sebagai salah satu bentuk wadah untuk memudahkan para beauty enthusiast untuk mewujudkan passion mereka di bidang kecantikan. Apalagi karir di industri kecantikan saat ini cukup menjanjikan dan juga banyak kelebihan yang bisa diperoleh bagi para beauty enthusiast. 

PENGALAMAN & KEUNTUNGAN GABUNG KOMUNITAS BEAUTY

skinproof, skinsociate

Karena passion gue di dunia kecantikan cukup besar, akhirnya gue memutuskan untuk membangun beauty blog punya gue sendiri. Berbekal dari gue suka baca artikel mengenai kecantikan lewat mbah google, akhirnya gue bisa di tahap ini berkat ikut komunitas beauty dan komunitas beauty blogger yang ada. Menurut gue untuk kalian yang baru mau mulai merintis jadi beauty blogger atau pun beauty reviewer langkah pertama yang kalian harus lakukan adalah dengan gabung di sebuah komunitas. Gabung sebagai member komunitas beauty ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dan sebagai permulaan yang bagus untuk belajar bagaimana menjadi beauty reviewer/influencer. Ada beberapa keuntungan yang kita bisa dapat jika bergabung dengan ikut komunitas beauty atau kecantikan yang akan gue rangkum di bawah ini : 

➤ Menambah Networking Baru
Dengan bergabung ke komunitas beauty, kita bisa mengenal lebih banyak orang yang juga memiliki ketertarikan yang sama di dunia kecantikan. Selain itu, kita bisa kenal dengan lebih banyak orang yang bahkan tidak satu kota dengan kita. Menambah relasi atau pertemanan di dunia kecantikan juga bisa membuka jembatan untuk bisa memulai karir di dunia kecantikan.

➤ Menambah Wawasan Baru Di bidang Kecantikan
Dari yang awalnya gue ngga tahu fungsi dari concealer itu apa, beda serum dan ampoule apa. Sekarang, gue jadi tahu semua itu berkat bergabung dalam komunitas beauty. Selain membahas tips untuk bisa berkarir sebagai beauty influencer, banyak banget insight yang bisa di ambil mengenai dunia kecantikan. Biasanya akan ada kelas online atau pun meet up sesama member yang bertujuan untuk bisa self improvement para member di bidang kecantikan.

➤ Menambahkan Kepercayaan Diri Sendiri
Alasan utama gue untuk ikut komunitas adalah untuk menambah kepercayaan diri gue. Karena beberapa orang terdekat mengucilkan niat gue buat jadi beauty reviewer. Setelah gue ikut komunitas ketemu sama teman yang punya frekuensi yang sama, gue jadi merasa lebih percaya diri dan ngga merasa kalau gue itu aneh suka hal berbau tentang kecantikan kaya gini. 

➤ Membentuk Personal Branding Sebagai Beauty Enthuasiast
Ikut dalam komunitas beauty kita juga berkesempatan mendapatkan insight yang bermanfaat untuk bisa membentuk personal branding kita sebagai beauty enthusiast dan juga bisa jadi awal permulaan kita untuk bisa berkesempatan di pilih oleh para brand kosmetik untuk bisa mereview produk mereka. Job review tersebut bisa kita dapatkan saat kita menjadi member komunitas.

➤ Dapat banyak produk beauty secara gratis dan juga hadiah yang menarik
Selain dapat teman baru, insight yang helpful yang ngga kalah menarik pastinya adalah mendapatkan produk beauty secara gratis lewat komunitas beauty yang kita ikuti. Selain itu, banyak event atau lomba yang menarik bagi para member yang berpartisipasi dan tentunya hadiah yang menarik pastinya.

SKINPROOF BANGUN SKINSOCIATE SEBAGAI BENTUK LOYALITAS TERHADAP PELANGGAN


Skinproof sebagai anak perusahaan Arya Noble yang bergerak di bidang evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen. Berdiri sejak 2017, Skinproof telah melayani berbagai perusahaan kosmetik ternama dalam hal consumer insight, cosmetic claim support, sensory research hingga konsultasi dan layanan regulasi. Didukung oleh tenaga ahli di bidangnya dan lebih dari 8.000 panelis di kota-kota besar di Indonesia, Skinproof terus berupaya untuk menginovasi dan memberikan solusi dalam pengembangan produk kosmetik, memberikan dukungan holistik kepada klien Skinproof, dan mengedukasi konsumen mengenai keamanan dan efektifitas produk secara netral dan independen.

Arya Noble sendiri adalah perusahaan holding strategis investasi yang berbasis di Indonesia yang telah banyak membentuk grup perusahaan di bidang kecantikan, perawatan pribadi, kuliner dan industri lainnya. Brand-brand yang ada dibawah naungan Arya Noble ini sudah cukup terkenal dan sudah banyak mendapat penghargaan. Pastinya sudah ngga asing untuk kalian seperti ERHA, Dermies, DermaXP, Marco, Genero, Nouria dan juga Skinproof.

skinsociate, skinproof


Skinproof, salah satu anak perusahaan dari Arya Noble yang bergerak dalam bidang cosmetic testing dan consumer research. Sebagai salah satu bentuk loyalitas Skinproof untuk para brand kosmetik yang merupakan pelanggan Skinproof, Skinproof membangun komunitas Skinsociate yang terdiri dari para pengguna dan penggemar kosmetik. Komunitas Skinsociate yang dibangun oleh Skinproof ini sendiri, selain bertujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan setia Skinproof, juga untuk memahami pentingnya ulasan atau feedback yang jujur untuk mendukung hasil riset produk kosmetik dan pengembangan produk kosmetik bagi para brand kosmetik yaitu pelanggan Skinproof. Hadirnya Skinsociate sendiri juga untuk membantu bagian consumer research Skinproof, untuk bisa lebih memahami perilaku konsumen terkait klaim produk atau perilaku konsumen secara umum sehingga mendapat insight yang lebih kredibel.

KEUNTUNGAN BERGABUNG DENGAN SKINSOCIATE


Sama seperti komunitas beauty lainnya, Skinsociate juga menawarkan keuntungan bagi para member yang bergabung dengan Skinsociate. Di jelaskan lebih lanjut oleh Ibu Theresia mengenai keuntungan bergabung dengan komunitas Skinsociate,“Dengan bergabung di komunitas Skinsociate, anggota komunitas memiliki berbagai keuntungan seperti berkesempatan untuk terlibat dalam riset-riset yang dilakukan Skinproof dan bisa mencoba berbagai produk baru secara gratis hingga memperoleh kompensasi atas partisipasi mereka dalam riset tertentu”. Jadi, untuk member yang bergabung dengan Skinsociate bukan cuma dapat produk gratis saja, keuntungan yang lain bisa berpartisipasi dalam mengikuti riset produk kosmetik baru dan tidak hanya itu bisa mendapat kompensasi juga atas partisipasi kita dalam mengikuti riset tersebut. Enak banget ngga tuh, sudah dapat produk kosmetik gratis, dapat insight baru mengenai produk kosmetik terbaru dan juga di jajanin sama Skinsociate.

Ibu Theresia juga menambahkan,“Kami percaya bahwa keterlibatan komunitas adalah kunci dalam membangun loyalitas yang kuat  terhadap produk para pelanggan kami maupun terhadap Skinproof sebagai penyedia layanan research. Kami telah melihat bagaimana komunitas bisa menjadi wadah untuk berbagi tips dan pengalaman akan penggunaan produk-produk kosmetik. Inisiatif ini memungkinkan kami untuk lebih mendekatkan diri dengan anggota Skinsociate dan memberikan layanan terbaik bagi para pemilik brand kosmetik selaku customer Skinproof ,” tutup Ibu Theresia. 

Meskipun, baru didirikan Skinsociate sudah memiliki 10.000 anggota dan sudah berpartisipasi dalam berbagai macam riset di Skinproof, dengan rentang usia 17 – 57 tahun. Sebagian besar dari anggotanya tersebar di daerah Jabodetabek dan Banten. Untuk kalian yang tertarik bergabung dengan komunitas Skinsociate syaratnya sangat gampang hanya dengan mengisi form saja. Untuk linknya akan gue taruh di bawah yah. Kalian juga bisa follow langsung official instagram mereka untuk tahu lebih lanjut soal Skinsociate. Untuk semua link media sosialnya akan gue taruh di bawah yah, see you gengs. Thank you yang sudah baca sampai habis 💖.

Join Skinsociate here

Skinsociate official instagram

Skinproof official instagram

Skinproof official website







You May Also Like

0 comments