REKOMENDASI SKINCARE ANTI AGING DENGAN HARGA TERJANGKAU DARI SCARLETT WHITENING

by - Juni 15, 2023

scarlett niacinamide retinol serum

Sudah masuk umur kepala 3 gue mulai melirik skincare yang bertemakan anti aging. Karena gue mulai melihat kerutan-kerutan cantik yang mulai muncul dan sulit banget buat dihilangkan huhu. Sebenernya sih sebelum 30an gue sudah mulai memakai kandungan yang ada anti aging-nya dan lagi-lagi kulit gue selalu bereaksi berlebihan alias jadi breakout. Belakangan ini kandungan Retinol lagi lumayan hype banget nih di dunia per skincare-an. Gue sendiri sebenernya sudah mau coba ini dari tahun lalu cuma masih rada takut sama efek sampingnya. Tapi, melihat beberapa temen reviewer banyak yang sudah pakai jenis kandungan ini akhirnya gue mulai melirik si Retinol dan produk yang sekarang gue coba produk serum dari Scarlett Whitening. Pastinya sudah ngga asing sama brand lokal kepunyaan Felicya Angelista yaitu Scarlett Whitening yang produk-produknya lengkap banget dari mulai hair care, body care hingga face care. Gue sudah pernah coba produk serum pertama mereka dan cocok di kulit gue yang selalu berjerawat ini. Belakangan ini gue juga merhatiin kalau mereka banyak mengeluarkan produk-produk face care terbaru yang disesuaikan dengan permasalahan kulit yang di alami. Setelah sekian lama mikir-mikir akhirnya gue mencoba duo combo serum dari Scarlett Whitening yang rilis di tahun 2022 lalu. Gue mencoba Scarlett Whitening Skin Smoothing Retinol Serum dan Scarlett Whitening Niacinamide 5% + Beta Glucan 7 Phyto Serum. Duo combo ini pas banget bisa jadi skincare anti aging yang lagi gue butuhin saat ini. Buat review lengkapnya bunda-bunda bisa scrolling sampai habis yah 😁.

scarlett niacinamide retinol serum

Sebelum masuk ke review utamanya, gue mau share nih soal ngecek produk Scarlett Whitening. Pastinya kalian ngga mau dong kalau beli Scarlett Whitening tapi ternyata bukan original produk Scarlett. Nah, buat kalian yang mau tahu keaslian produk dari Scarlett kalian bisa banget sih cek langsung keasliannya di official website Scarlett Whitening yang nantinya akan terhubung ke website verify Scarlett. Caranya bisa langsung scan barcode atau tulis kode barcode-nya ke website Verify Scarlett Whitening untuk linknya akan gue taro dibawah yah. Untuk detail cara cek lengkapnya bisa lihat di gambar yah. Jadi, kalau yang masih ragu mending langsung beli ke official shop Scarlett Whitening atau bisa langsung cek kode barcodenya. Nah, sekarang lanjut ke reviewnya yah bunda-bunda. 

SCARLETT WHITENING SKIN SMOOTHING RETINOL SERUM

"Scarlett Skin Smoothing Retinol mengandung Active Ingredients yaitu Encapsulated Retinol, Pomegranate Extract, Hexapeptide-8, Allantoin dan Vitamin C.
Adanya kandungan retinol ini ampuh untuk mencegah tanda-tanda penuaan seperti menyamarkan garis-garis halus. Manfaat lainnya yaitu membantu meregenerasi kulit sehingga sel kulit mati bisa terangkat dan menggantikan dengan sel kulit baru dan kulit tampak lebih cerah."

scarlett skin smoothing retinol serum

scarlett skin smoothing retinol serum

Kemasan dari Scarlett Whitening Retinol Serum ini dikemas dengan botol berbahan kaca berukuran 15ml dengan aplikator pipet. Kemasannya pun sudah dikemas dengan box/dus yang sudah berisi banyak informasi mengenai produknya. Untuk nuansa warna kemasan dari Scarlett Whitening Retinol Serum ini warnanya didominasi oleh warna putih dan biru tosca.


Selain fokusnya untuk mencegah tanda-tanda penuaan pada wajah. Scarlett Whitening Retinol Serum ini juga diformulasikan untuk membantu meremajakan kulit, mencegah timbulnya jerawat, mengurangi hiperpigmentasi pada kulit dan juga melindungi kulit dari radikal bebas. Selain kandungan Retinol ada kandungan lain yang terdapat pada Scarlett Whitening Retinol Serum ini dan akan gue highlight di bawah ini :
  • Encapsulated Retinol, kandungan turunan Vitamin A yang sering kita temukan dalam makanan dan juga sering di gunakan sebagai perawatan anti-aging untuk wajah. Manfaatnya sendiri memperbaiki kerusakan pada kulit dan juga mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah. Memakai teknologi "Encapsulated" yang berfungsi untuk meningkatkan stabilitas retinol, sehingga dapat menembus lapisan kulit lebih dalam tanpa membuat potensi efek samping pada kulit seperti iritasi.
  • Pomegranate Extract, kandungan yang bermanfaat untuk mencegah dan mengontrol jerawat dan membantu untuk melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari.
  • Hexapeptide-8, dikenal sebagai kandungan botoks natural. Kandungan ini dapat membantu menghidrasi kulit, mengurangi kerutan pada kulit dan juga melawan bakteri penyebab jerawat.
  • Vitamin C, kandungan yang dipakai pada serum ini adalah Ascorbyl Glucoside salah satu turunan Vitamin C. Kandungan yang kaya akan anti oksidan yang membantu mengurangi keruskan kulit akibat radikal bebas, memproduksi kolagen pada kulit dan juga membantu mengatasi kulit kusam pada kulit.
  • Allantoin, berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, mencegah kekeringan pada kulit dan juga meredakan kulit yang iritasi.
scarlett niacinamide retinol serum

Awalnya gue kira tekstur dari Scarlett Whitening Retinol Serum ini milky kaya lotion gitu, tapi ternyata teksturnya lebih cair dibandingkan serum niacinamide-nya. Untuk warna pada serum ini putih keruh dan tidak ada aroma apapun yang tercium menurut gue. Karena teksturnya yang agak cair, serum ini agak sedikit memakan waktu untuk terserap sempurna ke wajah. Untuk pemakaiannya di gue sendiri butuh sekitar 3 tetes(tidak full satu pipet) untuk seluruh area wajah dan juga leher.

SCARLETT WHITENING NIACINAMIDE 5% + BETA GLUCAN & 7 PHTYO EXTRACT SERUM

"Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum ini mengandung Active Ingredients yaitu Niacinamide 5%, Beta Glucan, 7 Phyto Extracts, Tego Cosmo C100 (Creatine), dan Allantoin. 
Scarlett Whitening Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum yang dapat membantu memperkuat skin barrier, mencerahkan kulit, membantu memperbaiki tampilan garis-garis halus, menenangkan kulit, menghidrasi kulit kering, dan melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini." 

scarlett niacinamide serum

scarlett niacinamide serum

Packaging dari Scarlett Whitening Niacinamide serum ini juga sama seperti retinol serumnya, terbuat dari botol kaca yang cukup kokoh dengan pipet sebagai aplikatornya. Untuk produknya juga sudah dilengkapi dengan dus/box yang sudah berisi informasi lengkap mengenai produknya. Scarlett Whitening Niacinamide Serum berukuran 15ml dengan stiker label dan dusnya didominasi warna lilac dan putih.


Kandungan utama yang ada pada Scarlett Whitening Niacinamide Serum ini diformulasikan untuk memperkuat skin barrier, mencerahkan wajah, menyamarkan garis halus serta manfaat lainnya. Selain kandungan Niacinamide yang jadi kandungan utamanya, ada beberapa kandungan lainnya yang terdapat di Scarlett Whitening Niacinamide Serum ini. Di antaranya yang akan gue highlight di bawah ini :
  • Niacinamide 5%, salah satu kandungan yang sudah cukup familiar di kalangan skincare enthusiast. Kandungan satu ini punya fungsi untuk menjaga skin barrier kulit, mencerahkan warna kulit yang tidak merata dan membantu menyamarkan noda gelap pada wajah. Untuk kadar persentase Niacinamide yang dipakai sebesar 5%. Kadar persentase Niacinamide yang dipakai adalah salah satu yang direkomendasikan karena minim untuk menimbulkan efek iritasi atau breakout pada wajah.
  • Beta Glucan, kandungan yang dapat membantu melindungi kulit dari penuaan dini yang disebabkan oleh efek buruk sinar UV.
  • Tego Cosmo C100 (Creatine), kandungan yang berasal dari asam amino yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan juga dapat melembapkan kulit.
  • Allantoin, punya fungsi untuk menjaga kelembapan kulit, mencegah kekeringan pada kulit dan juga meredakan kulit yang iritasi.
  • Triple Ceramide Complex, memakai 3 jenis kandungan Ceramide yang punya fungsi untuk menjaga kelembapan pada kulit, memperlambat penuaan pada kulit dan merawat kekencangan kulit.
Selain itu, terdapat juga kandungan 7 jenis Phyto Extract yang ada pada Scarlett Whitening Niacinamide Serum ini. Ada Moringa, Mugwort, Chamomile, Bifida Ferment, Pomegranate, Lotus, Centella Asiatica yang punya fungsi untuk menyamarkan bekas luka, menenangkan kulit dan mengurangi flek hitam pada kulit. 

scarlett niacinamide serum

Tekstur dari Scarlett Whitening Niacinamide Serum ini punya tekstur watery gel dengan konsistensi sedikit kental dengan warna yang sedikit keruh. Saat dibaurkan langsung melt di wajah dan tidak perlu pemakaian yang banyak sepertinya untuk serum ini. Untuk gue 3 tetes sudah bisa untuk pemakaian seluruh wajah dan leher. Ada aroma pada Scarlett Whitening Serum ini, aromanya floral dan tidak terlalu menyengat. 

CARA PAKAI & FORMULASI

scarlett niacinamide retinol serum

Pastinya banyak yang sudah tahu nih tentang tren kecantikan satu ini. Kalian pasti sudah familiar dengan tren skincare "Skin Cycling". Salah satu metode skincare yang lagi viral dan banyak dibicarakan di sosial media. Skin Cycling sendiri adalah salah satu metode perawatan kulit yang dilakukan secara rutin selama empat malam. Nah, untuk pemakaian Scarlett Whitening Niacinamide Serum dan juga Scarlett Whitening Retinol Serum gue memilih memakai dengan teknik skin cycling yang penggunaannya dimalam hari supaya kinerja dari serumnya lebih optimal.


Untuk Scarlett Whitening Retinol Serumnya gue tes pakai dulu selama 5 malam di minggu pertma pemakaian dan untungnya tidak menimbulkan efek iritasi atau pun sensasi tingling di wajah gue. Menurut gue sih Scarlett Whtening Retinol Serum ini masih tergolong aman dan gentle. Selain itu, formulasi teksturnya yang cair sangat gampang untuk dibaurkan keseluruh wajah. Cuma agak sedikit memakan waktu saat proses penyerapan ke wajah, finishnya sendiri di wajah gue masih kerasa lembap banget dan juga instant plump gitu. Setelah itu di minggu kedua, gue memakai ini di hari kedua setelah eksfo di hari pertamanya. Untuk step penggunaan skincarenya bisa kalian lihat di gambar yah. Untuk gue sendiri Scarlett Whitening Retinol Serum ini cukup gentle dan juga masih tergolong aman buat para pemula yang masih takut buat pakai Retinol.


Buat si Scarlett Whitening Niacinamide Serum gue suka pakai ini untuk slot skincare pagi/siang yang biasanya gue pair dengan sunscreen. Sejauh ini sih cukup aman untuk dipakai di slot skincare pagi/siang menurut gue. Buat formulasi teksturnya sendiri watery gel dan saat dibaurkan ke wajah teksturnya langsung melt. Untuk proses penyerapan ke kulit menurut gue sama seperti retinol serumnya, cukup memakan waktu. Untuk finishnya sendiri gue pikir tuh di wajah bakalan matte gitu tapi ternyata masih ada efek lembap di wajah dan cukup menghidrasi kulit gue. Di minggu kedua pemakaian gue memakai teknik skin cycling, jadi ini masuk di hari ketiga pemakaian setelah pakai Retinol. Sejauh ini cukup menghidrasi dengan baik dan juga gue ngga menemukan masalah saat pakai Scarlett Whitening Serum ini.

FINAL REVIEW & RESULT


Setelah sekitar dua mingguan gue pakai duo combo serum dari Scarlett Whitening gue cukup suka sama duo ini. Buat Scarlett Whitening Retinol Serum menurut gue cukup gentle di kulit gue dan gue rekomen banget buat para pemula yang baru mau pakai Retinol serum. Karena bahan-bahan kandungan pendukung yang dipakai di Scarlett Whitening Retinol Serum ini sifatnya untuk membuat kulit lebih menghidrasi, jadinya efek iritasi di kulit pun minim banget dan malah ngga ada masalah sama sekali. Selama pakai ini gue ngga merasa ada sensasi tingling atau pun panas di kulit gue pokoknya super aman banget sih di kulit. Gue pakai ini di minggu awal sekitar 5 kali pakai, karena memang mau tahu side effectnya juga sih. Tapi, sejauh ini aman banget dan ngga ada side effect yang negatif sama sekali di wajah gue. Baru di minggu kedua gue mulai pakai metode skin cycling dengan niacinamide serumnya.

Untuk Scarlett Whitening Niacinamide Serumnya menurut gue cukup bagus dan sejauh ini ngga menimbulkan efek negatif di wajah gue. Gue sendiri adalah pecinta kandungan niacinamide, namun sayangnya entah mengapa gue sendiri baru menyadari bahwa gue ngga bisa memakai kandungan niacinamide dengan persentase di atas 5%. Kalau kadar niacinamide dengan persentase 10% pasti ujung-ujungnya bikin breakout setelahnya di wajah gue. Setelah gue baca-baca di mbah google mengenai kandungan niacinamide ternyata memang kadar toleran yang di sarankan sekitar 1% hingga 5%. Menurut gue duo combo Scarlett Whitening Retinol dan Niacinamide Serumnya sejauh ini cocok dan cukup aman di wajah gue. Hasil yang paling gue rasain di wajah gue jauh lebih lembap, terhidrasi dan juga bikin wajah gue jadi lebih kenyal. 

Buat masalah jerawat pun alhamdulillah ngga ada dan kalau pun ada langsung cepet buat healingnya. Buat area jidat gue yang selalu ada masalah jerawat pun jadi lebih terkontrol dan bekas-bekasnya perlahan sudah mulai memudar. Pokoknya gue rekomendasiin ini buat kalian para pemula yang mau coba produk retinol serum. Produk Scarlett Whitening semuanya pun juga sudah bersertifikasi BPOM, dan halal. Jadi, pastinya semua produk Scarlett sudah pasti aman yah. Untuk penggunaan retinol serumnya tidak disarankan dipakai oleh ibu hamil dan juga ibu menyusui. Kalau masih penasaran sama duo combo Scarlett serum ini bisa langsung check out ke toko oren atau keranjang kuning nih. Buat link belanjanya gue taro dibawah yah. Happy Shopping!

Shop here

Scarlett Verify Check here






You May Also Like

4 comments

  1. wait, ini serum terbarunya scarlett yah mba? aku kudet nih, wkwk. kalo retinolnya dipake di kulit berjerawat berasa perihnya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini udah ada dari tahun lalu mba dian. Aku juga baru tahu sih wkwk. Ngga ini aman banget mba dipakai buat wajah yang berjerawat soalnya aku pas pakai ini juga lagi ada jerawat huhu

      Hapus
  2. Tekstur yang retinol kelihatan enak, light gitu. Pengen cobain ini nanti kalo udah lulus menyusui.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih enak mba daisy menurutku super ringan sih aman buat acne prone skin

      Hapus