REVIEW : SCARLETT WHITENING SERUM

by - Oktober 15, 2020

Akhir-akhir ini skincare lokal lagi cukup hits yah, sampai-sampai hampir semua produk kayanya ada, mulai dari facial wash, toner, moisturizer sampai serum pun ada. Saat ini sih yang gue lihat, brand lokal mulai banyak yang mengeluarkan serum, dengan berbagai fungsi dan juga ingredients yang cukup bikin mupeng buat coba. Sekarang gue juga bakal ngebahas produk serum yang ngga kalah hits-nya dari produk brand lokal yang lain, setelah mengeluarkan seri Body Care-nya yang cukup viral dimana-mana, Scarlett Whitening akhirnya mengeluarkan Serum. Ada 2 varian serum yang mereka keluarkan yaitu Scarlett Brightening Serum dan Scarlett Acne Serum, setelah hampir 3 minggu pemakaian akhirnya gue bisa kasih impression soal produk ini. Penasaran ? Scroll down for the detail. Jangan sampe di skip okay hehehe.

review scarlett whitening serum

Kalau kalian sudah baca artikel yang gue posting beberapa waktu lalu soal masalah jerawat di artikel My Acne Story, pasti kalian tahu lah yah kalau gue lagi bergelut dengan yang namanya jerawat huhu. Masalah jerawat gue up and down, gue lagi coba menstabilkan keadaan muka supaya ngga terlalu meradang jerawatnya. Saat ini sih sudah cukup mendingan dan seperti yang kalian tahu kalo gue itu kena Fungal Acne (Malassezia Folliculitis) jadi cukup lumayan bikin gue mikir untuk pakai produk apa yang pas, dan yang sulit itu gimana cara untuk bisa menjaga kondisi muka agar tidak terlalu lembab dan jaga kondisi sekitar agar senantiasa bersih huhu, ribet banget kan. Nah saat gue tahu kalau Scarlett ngeluarin produk serum, gue langsung penasaran mau coba. Namun gue masih tarik ulur mau beli mengingat muka gue yang ajaib ini 😔. Akhirnya setelah produk serum gue habis baru deh gue mencoba membeli produk ini dan kebetulan waktu itu sedang sale di official shoppee Scarlett_Whitening hehe, jadi lah gue beli ini. 

scarlett serum

Packaging dari Scarlett Whitening Serum ini dikemas dengan box/dus nuansa putih dan didalam isinya ada pelindung untuk menjaga produknya agar saat dikirim masih dalam kondisi yang bagus dan tidak pecah. Untuk yang Scarlett Brightening Serum dikemas dengan box/dus nuansa putih dan pink, sedangkan untuk yang Scarlett Acne Serum dikemas dengan nuansa putih dan keunguan. Serum ini dikemas didalam botol kaca yang cukup kokoh dengan pipet sebagai aplikatornya dengan isi 15 ml, terbilang mungil untuk ukuran serum. Namun sangat handy dan travel friendly, jadi kalau mau dibawa berpergian ngga akan makan tempat. Pipetnya sendiri berfungsi dengan amat sangat baik untuk pengambilan produknya dan tidak mampet/macet. Selain itu di kemasan dus nya sendiri sudah terdapat informasi seperti ingredients list, fungsi dari serum dan juga no BPOM. Scarlett Whitening Serum ini sudah terdaftar di BPOM, jadi bisa dipastikan produk ini sudah lulus uji sensor BPOM. Nah after ngomongin masalah packaging-nya yang cukup canggih, let's we talk about this product, karena produknya ada 2 varian mari kita bahas satu-satu, don't skip okay *maksa 😂.

SCARLETT BRIGHTENING SERUM 

scarlett brightly serum

Sebenarnya sih namanya Scarlett Brightly Ever After Serum, namun karena menurut gue terlalu panjang dan sulit untuk di ingat akhirnya gue menyebut ini Scarlett Brightening Serum hehe. Seperti yang kita tahu kalau Scarlett Whitening itu cukup unggul dengan produk body care-nya yang bisa mencerahkan karena di ingredients-nya terdapat Glutathione sebagai komposisi utama. Nah hal yang sama juga terdapat pada produk Scarlett Brightening Serum ini, lalu bukan hanya itu saja terdapat beberapa kandungan lain yang mampu untuk membantu dalam mencerahkan wajah serta kaya akan anti oksidan. Ingredients yang dimaksud akan gue highlight dibawah ini, yaitu :
  • Glutathione merupakan ingredients yang dipercaya dalam mencerahkan kulit, selain itu menjaga kulit dari radikal bebas, membuat kulit lebih sehat dan terlihat glowing
  • Phyto Whitening, ingredients yang membantu dalam menjaga kelembaban dan juga dapat mencerahkan kulit. 
  • Vitamin C, pasti udah ngga asing dengan kandungan ini. Kandungan ini dipercaya membantu dalam menghilangkan flek dan juga bekas jerawat, mencegah dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Niacinamide, mungkin kandungan ini super populer belakangan ini. Kandungan yang membantu dalam menyamarkan noda jerawat, membantu dalam mengatasi jerawat dan juga menjaga kelembaban untuk kulit.
  • Lavender Water, Selain kandungan yang super auto bikin cerah, terdapat juga kandungan lavender water ini yang mampu untuk melawan bakteri penyebab jerawat, kaya akan anti oksidan dan juga dapat membuat tekstur wajah menjadi halus.
scarlett brightly serum

Tekstur dari serum ini sendiri sedikit kental dan cenderung keruh warnanya namun konsistensinya tetap mudah dibaurkan dan cepat meresap. Selain itu tidak terdapat artificial color (pewarna) atau fragrance dari serum ini, sehingga serum ini tidak ada bau apapun. Namun yang gue notice dari baunya tuh, mirip banget kaya bau prengus gitu dikarenakan serum ini tidak terdapat fragrance, namun sih gue ngga merasa terganggu dengan baunya karena yang kubutuhkan adalah performance-nya. Kalau kalian tahu serum yang cukup hits dari kanada pasti tahu lah yah, ini cukup mirip secara tekstur dan juga baunya. Itu termasuk dalam serum kesayangan gue namun karena pandemi harganya naik berkali-kali lipat. Sehingga pas sekali gue sedang mencari serum cita rasa lokal namun dengan kualitas internasional 😀.

SCARLETT ACNE SERUM

scarlett acne serum

Produk yang kedua adalah Scarlett Acne Serum, yang di formulasikan untuk kaum-kaum yang terkena wabah jerawat seperti gue hehe. Seperti yang kita tahu akhir-akhir ini jerawat tuh sedang jadi trend, apalagi dengan kondisi saat ini yang mengharuskan dan mewajibkan kita memakai masker, banyak sekali dari para cabelita atau kakak gemes yang mengeluhkan kulitnya terkena Maskne (jerawat yang disebabkan karena pemakaian masker). Nah Scarlett Acne serum ini juga terdapat banyak kandungan yang tidak kalah bagus dan juga dapat membantu untuk proses healing jerawat secara cepat. Seperti ingredients yang akan gue highlight dibawah ini :
  • Tea Tree Water, kita semua tahu kalau tea tree water adalah kandungan yang bagus untuk mengatasi kulit yang berjerawat. Selain itu diperkaya dengan kandungan anti-mikroba yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat, melembabkan kulit dan juga mengurangi kadar sebum(minyak) di wajah.
  • Centella Asiatica, kandungan ini sekarang sedang naik daun, dikarenakan kemampuannya dalam merawat kulit yang berjerawat. Membantu dalam proses penyembuhan untuk kulit yang berjerawat, melembabkan kulit dan membantu penyembuhan kulit yang iritasi.
  • Salicylic Acid, kandungan yang sekarang ini lebih terkenal dengan nama BHA(Beta Hidroxyl Acid) adalah kandungan yang cukup terkenal mampu membersihkan pori-pori secara menyeluruh. Sehingga dapat mengurangi peradangan jerawat yang terdapat di dalam pori-pori.
  • Liquorice Extract, Mungkin masih terdengar asing untuk kandungan ini begitu pun gue hehehe. Kandungan ini ternyata mempunyai segudang manfaat, dipercaya untuk membantu dalam proses perbaikan kulit yang mengalami hiperpigmentasi kulit dan juga membantu dalam mencerahkan kulit akibat paparan sinar matahari.
  • Vitamin C, kandungan yang sangat umum namun sangat dibutuhkan untuk kaum yang berjerawat karena dapat membantu dalam proses mencerahkan kulit dari noda-noda bekas jerawat dan juga flek.
scarlett acne serum

Untuk teksturnya sendiri lebih cair dan warnanya cenderung jernih tidak seperti Scarlett Brightening serum yang warna serumnya agak lebih keruh. Sehingga jika langsung di aplikasikan ke muka akan sangat cepat meresap dan pemakaiannya pun tidak perlu banyak karena sekali pump(sekitar 2/3 tetes) biasanya sudah cukup untuk satu muka. Selain itu sama seperti Scarlett Brightening Serum, Acne Serum ini tidak terdapat campuran bahan pewarna dan juga fragrance sehingga tidak terdapat aroma apapun yang tercium dari serum ini.

STEP PENGGUNAAN

Untuk urutan pemakaian biasanya gue memakai ini secara berbarengan, biasanya dipakai setelah Essence Toner atau hanya pemakaian serumnya saja.

scarlett serum review

Untuk cara pakai biasanya gue pakaikan yang Acne Serumnya terlebih dahulu baru yang Brightening Serumnya. Biasanya sih 2/3 tetes tergantung mood mau makai berapa banyak haha. Kalau yang ada noda jerawat atau jerawat yang aktif pasti gue akan baurin lebih banyak di area itu sambil dipijit-pijit dan setelahnya di tepuk-tepuk manja agar serumnya dapat meresap ke kulit wajah.

PERFORMANCE & RESULT

Setelah kurang lebih 3 mingguan gue pakai ini akhirnya gue bisa kasih final thoughts dan juga impression gue mengenai produk ini. Sebenernya to be honest gue awalnya agak ragu untuk mencoba kedua produk ini dikarenakan muka gue yang sensitif cepat berjerawat kalau produk skincare yang dipakai tidak cocok. Namun surprisingly produk ini malah membantu gue dalam healing dan juga mengontrol jerawat gue. Untuk di pemakaian awal gue pakai ini ganti-gantian untuk mengetahui dulu kinerja dari masing-masing serum ini. Di pemakaian pertama gue pakai Acne Serum, saat pertama kali di aplikasi ke wajah langsung cepat meresap dan tidak lengket. 

Di hari kedua baru gue memakai Brightening Serum, saat pertama kali di aplikasi sedikit berasa lengket namun konsistensinya tetap cepat meresap seperti Acne Serum lalu setelahnya langsung meresap dikulit wajah, yang gue notice setelah gue pakai ini kulit seperti sedikit lebih kenyal. Setelahnya di hari berikutnya gue memakaikan kedua Scarlett Whitening Serum ini secara berbarengan karena menurut gue keduanya cepat meresap, ringan dikulit dan tidak menimbulkan reaksi apapun yang aneh-aneh dikulit gue. Gue pakai kan ini setelah memakain toner essence lalu setelahnya Scarlett Whitening Serum. Pas bangun tidur gue sih ngerasanya kulit gue langsung terlihat terasa kenyal dan agak cerahan sedikit, lalu yang bikin seneng adalah kedua produk serum ini ngga bikin jerawatan gue nambah meradang 😅. Itu sih yang paling pertama yang mesti wajib banget diperhatiin hehe.

scarlett serum

Seperti yang bisa kalian lihat kalau gue ada hiperpigmentasi, terutama di area jidat gue dikarenakan gue super banget kasih obat totol ke area jidat gue yang akhirnya malah menimbulkan bekas kehitaman dan juga warna muka gue yang ngga merata dikarenakan waktu itu gue pernah pakai chemical exfoliation dan sepertinya mempengaruhi warna kulit muka gue. Seperti yang gue bilang jerawat gue itu on-off, munculnya kadang suka main keroyokan langsung ada sampe 3 jerawat, namun sekarang udah mulai mendingan dan tidak seperti dulu. Di derah jidat seperti yang kalian lihat selalu mucul jerawat namun untungnya masih bisa dikontrol dan langsung kempes setelah memakai rangkaian dari Scarlett Whitening Serum. Setelah 3 mingguan pakai ini gue kaget banget kalau ini amat sangat membantu dalam mengontrol kondisi jerawat gue dan juga meratakan warna kulit wajah gue huhuhu *criedsohard. 

Gue sih ngga ekspektasi kalau kedua serum dari Scarlett Whitening ini akan sebagus itu, mengingat muka gue yang super rentan jerawatan huhu. Gue sih karena sadar diri jerawat gue tuh bukan sekedar jerawat makanya gue sangat memperhatikan banget setiap ingredients skincare yang gue pakai, selain itu muka gue ini sangat rentan banget sama jerawat sehingga gue mencari produk yang benar-benar bisa mengontrol jerawat gue agar saat lagi meradang ngga main keroyokan huhu. 

scarlett whitening serum

Scarlett Whitening ini based on dari skincarisma sudah fungal acne safe untuk yang Brightening Serum namun untuk yang Acne Serum belum Fungal Acne Safe. Tapi anehnya ngga ada reaksi gatel pas pakai produk Acne Serumnya jadi sih kalau menurut gue kayanya masih bisa banget untuk yang sedang berjuang melawan Fungal Acne untuk pakai ini juga hehe. Selain itu menurut gue sangat aman untuk memakai produk ini karena bebas paraben, no artifical color dan juga sangat ringan di wajah tanpa memberi kesan lembab yang lengket. Hasil disetiap orang juga berbeda yah ngga bisa disamakan, tergantung dari skincare sebelumnya yang kalian pakai dan juga masalah di wajah kalian dan pemakaian skincare juga tidak langsung instant terlihat, karena semua butuh proses dan juga waktu 😊.
Scarlett Brightening Serum dan juga Scarlett Acne Serum ini cuma dibandrol seharga 75.000,- saja pemirsah, murah bukan. Jadi untuk kalian duafa skincare coba lah produk ini karena menurut gue ini bukan serum kaleng-kaleng. 

WHERE TO BUY
Shoppee : Scarlett_Whitening

Price :
75.000,-



karina herdani blog


You May Also Like

4 comments

  1. Ini banyak banget yang review dan rata-rata cucok banget ama produk acnenya dong, saya kepo banget ama serumnya.
    Setelah nyobain body carenya yang memang seenak itu, sumpah jadi penasaran ama face carenya dong.
    Keren banget ya Scarlett ini, produk anak negeri yang nggak kalah ama produk import :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya kaget juga sih sebenernya, awalnya kaya skeptis gitu eh gataunya sebagus ituuu T_T
      Makasih mba sudah mampir :)

      Hapus
  2. aku jadi penasaran sama acne serumnya kak, selama ini masih nyari-nyari acne serum yang manteb buat ngeringin jerawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia sih menurut gue ngga ngeringin lebih bikin kempes gitu. Jd kalo misal sebelum pake ini d pake obat jerawat nah kan pake obat jerawat kering abis itu setelah malemnya pake ini langsung kempes menurut w sih ya hehe. Makasih banyak sudah mampir 😊

      Hapus