TIPS MENYEMBUHKAN CACAR AIR

by - Oktober 28, 2019

Halooooo semua gimana kabar ??. Akhirnya aku kembali setelah sekian lama, setelah bertahun-tahun hehehe. Jadi kali ini akhirnya aku bisa freee buat nulis lagi hehehe, setelah melewati drama yang cukup panjang akhirnya yaaaa khhaannn. Kali ini gue nulis bukan buat review seperti biasa yang suka gue lakuin hueehehehe. Gue mau sharing pengalaman gue dan kasih tips yang mungkin akan berguna sepertinya 😀. Jadi minggu kemaren gue sempet drama sakit cacar air, ya CACAR sodara. Gue sakit cacar juga akhirnya wkwkwk di umur gue yang padahal udah ga muda gini gue kena penyakit ITUH hahaha. Tapi sih banyak sebenernya sih di umur kaya gue banyak yang terinfeksi penyakit ini.

TIPS MENYEMBUHKAN CACAR AIR
Source : Google


Cacar air adalah penyakit kulit akibat infeksi virus varicella yang menyebabkan timbulnya lenting pada seluruh tubuh dan wajah. Infeksi juga bisa menyerang selaput lendir (membran mukosa), seperti di mulut. Cacar air adalah penyakit menular yang sangat sering terjadi. Penyakit ini dapat terjadi pada semua usia. Namun sebagian besarnya menyerang anak-anak berusia di bawah 15 tahun. Orang dengan sistem imun yang lemah lebih berisiko terkena penyakit ini seperti bayi, ibu hamil, dan lansia. Penyakit ini biasanya muncul sekali seumur hidup. Sangat sedikit orang yang mengalami infeksi cacar air dua kali dalam hidupnya.(source : google)


Gue mulai kena cacar air ini setelah gue resign (yha akhirnya gue resign -_-), selang dua hari kemudian gue akhirnya kena cacar air. Awalnya tuh ada kaya benjolan gitu di badan gue dibawah ketiak gue tepatnya. Gue peletusin/ di pencet, yah karena ngga tahu kalau ternyata itu adalah cacar, ah sungguh bodoh aku huhuhu. Singkatnya makin nyebar dan mulai memburuk dan gue langsung menuju puskesmas terdekat hehehe. Terus dikasih obat dan disuruh dokter untuk tetep mandi walau cacar dengan air hangat. Indikasi gue kena cacar ini ga seperti gejala umumnya sih, gue ngga demam sama sekali terus tetep aktifitas seperti biasa. Ya mungkin yang memengaruhi gue bisa kena cacar adalah sistem kekebalan tubuh gue yang lagi rentan karena lagi stress pasca resign hahahaha, dan setelahnya mulai banyak cacarnya baru deh berasa banget sakitnya huhu.


Gue disuruh minum obat khusus untuk penyakit cacar, waktu itu gue disuruh minum obat Acyclovir obat khusus untuk sakit cacar kalau gue googling sih ini untuk anti virus agar jangkauan penyakit cacarnya tidak terlalu menyebar parah. Dosisnya lumayan gue harus minum obat ini 2 tablet tiap per empat atau lima jam huhuhu. Can you imagine? 😓. Yah singkatnya gue akhirnya menyerah untuk minum obat itu selama 3 hari hahaha. Kalo yang dari gue baca obat ituh juga kayak pake skincare cocok-cocok an dan sepertinya gue ngga cocok pake obat cacar si Acyclovir karena gue ngerasa tambah parah pakai ini jadi akhirnya gue stop pemakaiannya.Ini adalah beberapa tips yang gue pakai selama masa cacar yang gue alami agar tidak terlalu parah hehe, tapi gue hanya sharing yah. Kalian tetep harus berobat ke ahlinya, gue hanya sharing pengalaman gue saja selama masa cacar dan need to notes gue bukan ahlinya yah karena just wanna share apa yang menurut gue cocok di gue hehehe 😀.
Berikut ini adalah tips agar cacar tidak bertambah parah versi gue :

1. STOP Menggaruk  Area Yang Terinfeksi

TIPS MENYEMBUHKAN CACAR AIR
Source : Google

I know it's hard hahaha, I feel that pain. Yah emang sulit sih tapi kita harus bisa sabar dalam menghadapi cobaan ini (anjay). When it's come itchy, yah sebisa mungkin gue ngga menggaruk dan bener-bener harus tahan pakai banget, sulit sih tapi percayalah badai korengan ini pasti akan berlalu.

2. Mandi Dengan Air Hangat

TIPS MENYEMBUHKAN CACAR AIR
Source : Google
Menurut beberapa artikel dan beberapa video di youtube mengenai cacar rata-rata semuanya merekomendasikan untuk tetap mandi dengan menggunakan air hangat tujuannya agar infeksi kuman cacar tidak menyebar terlalu parah di kulit yang sudah terinfeksi. Nah ini dibagian mandi ini yang perlu banget diperhatikan karena kita sedang terinfeksi virus otomatis perlu memperhatikan untuk sabun apa yang kita gunakan pada saat mandi. Sabun yang gue pakai adalah sabun betadine cair yang warna nya merah yang antiseptik. Wanginya ngga usah ditanya WOW hahaha. Sungguh sih gue ngga suka pakai sabun ini sebenernya yah karena ini yang direkomendasikan oleh para sahabat onlen jadi ku membelinya tapi bukan gue sih yang beli hahaha. Menurut gue ini lumayan membantu banget sih untuk cacarnya ngga terlalu parah menyebar keseluruh badan.

3. Minum Air Putih Yang Banyak

TIPS MENYEMBUHKAN CACAR AIR
Source : google
Ini penting sih gaes karena minum air putih adalah salah satu detox alami. Yah walaupun berat harus pipis berkali-kali tapi percayalah ini juga akan membantumu nak.

4. Minum Jamu Kunyit Asem dan Air Kelapa

Source : google
Source : google

Gue minum jamu kunyit asem ini direkomendasikan oleh kerabat suami katanya ini juga bagus untuk detox alami yah kalo gue google emang ada benarnya sih, gue minum ini hanya di pagi hari aja hehe. Gue juga minum air kelapa muda, kalau yang ini sih saran dari dokter sih jadi yowes ku minum gue minum ini setelah gue berhenti minum obat dan 2 hari gue minum kunyit asem dan air kelapa ini badan gue udah mulai mendingan dan cacarnya udah ngga meradang lagi 😁.

Kalau dihitung-hitung gue cuma 5 harian aja kena cacar, gatau sih itu progressnya cepet atau lambat. Gue bersyukur banget cacar gue ngga terlalu parah dibagian badan dan muka, karena kalau sampai parah gue bakal pusing lagi buat ngilangin bekasnya -_-. Semua cara yang gue pakai itu ampuh di gue yah jadi kalau ada kekurangan mohon di maapken hehehe. Semoga bermanfaat buat semuanya 😊.


You May Also Like

3 comments

  1. Waktu sakit cacar makan nya ada pantangan ga ka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga ada sih kak. Malah aku usahain biar makan soalnya ngga terlalu begitu nafsu makan kak pas sakit.

      Hapus