REKOMENDASI OBAT TOTOL JERAWAT LOKAL

by - Oktober 14, 2021

obat totol jerawat

Sebagai pemilik acne-prone skin salah satu produk yang wajib banget gue stok adalah obat totol jerawat atau bahasa kerennya acne treatment spot hehe. Meski sekarang ini gue lagi mengurangi intensitas pemakaian obat totol jerawat. Namun, kayanya belum lengkap kalau gue ngga sharing obat totol yang lagi gue pakai sekarang ini. Sebenernya sih kalau obat totol jerawat pas awal mula gue jerawatan parah gue sering banget eksplor sampe nyoba-nyoba punya temen atau adek gue wkwk. Soalnya buat menimbang-nimbang mana yang cocok dan bisa langsung ngeredain jerawat gue. Karena waktu itu jerawat gue tuh rata-rata jerawat mendem yang ngga ada matanya gitu huhu. Setelah bereksplorasi dengan berbagai obat totol jerawat akhirnya gue menemukan 3 produk yang oke buat ngeredain jerawat gue, produknya ada yang gue udah pakai tahunan dan ada yang baru gue dapetin dari gift hehe. Pastinya ini ramah kantong yah hehe, eh ada juga sih yang agak pricey 😁. Yuk bund langsung scroll aja kali ajah penasaran yah kan wkwk.

SARIAYU LOTION JERAWAT

Price Rp 30.000,-

Pertama yang akan gue bahas adalah si Sariayu, pastinya brand legendaris ini kalian udah pada tahu lah yah hehe. Pertama kali gue jerawatan parah seperti yang gue bilang kalau gue banyak mencoba trial beberapa obat totol jerawat. Sayangnya ngga ada yang ampuh dan malah memperparah keadaan muka gue wkwk. Adek gue juga tipe kulitnya tuh sama kaya gue acne-prone dan gue baru inget kalau gue pernah beliin dia ini buat obat totol jerawatnya dan lumayan manjur. Padahal gue yang beliin kenapa gue lupa ahaha. Gue udah pakai ini sebagai obat totol jerawat gue sekitar 5 tahunan berarti sampe di tahun ini wkwk.

obat totol jerawat

Kemasannya sendiri terbuat dari botol plastik pipih agak besar dengan tutup flip top dan dilapisi tutup lagi. Desain kemasannya sendiri masih sama seperti 5 tahun lalu hehe, didominasi oleh warna hijau dan juga ada gambar belerangnya. Ukurannya sendiri 100ml, cukup handy namun cukup tricky kalau mau dibawa pergi hehe. Buat keterangan produknya udah dijelasin di belakang botolnya dan cukup lengkap. Mulai dari bahan kandungan, cara pakai, BPOM dan juga logo halal MUI. Untuk kandungannya sendiri memakai sulfur sebagai kandungan utamanya. Lalu ada Bentonite, Kaolin, Centella Asiatica, Camphor dan Salicylic Acid. Untuk kandungannya sendiri masih memakai alcohol, menthol dan juga fragrance

sariayu lotion jerawat

sariayu lotion jerawat

Buat teksturnya sendiri dan warnanya sendiri berwarna pink dengan bulir sulfur(mungkin?). Wanginya cukup strong alcohol dan juga wangi belerang atau sulfur, mungkin kalau yang ngga biasa dengan baunya kayanya bakal cukup terganggu. Saat di aplikasikan ke area yang berjerawat akan ada sensasi panas dari kandungan mentholnya. Kalau kalian baca review gue soal serum Scarlett di situ ada jidat gue yang super gelap gara-gara pemakaian yang berlebihan hehe. Buat daya meredakannya sih lumayan cepet sekitar seharian kalau yang ringan, namun kalau yang agak gede jerawatnya sekitar semingguan. Karena ngga ada foto pemakaiannya gue ngelampirin foto yang jidat gue aja hehe. Saat jerawatnya kempes biasanya akan ada spot hitam yang cukup ganggu meski bisa dihilangkan dengan memakai serum yang berbahan Niacinamide, cuma untuk case gue waktu itu bisa dibilang agak ganggu sih. Soalnya sering dikira abis kena cacar gara-gara jerawat gue cukup banyak waktu itu di area jidat hehe.

RISTRA ACNE SPOT DRYING TREATMENT

Price Rp 199.000,-

ristra acne spot

Produk kedua yang akan gue rekomendasikan adalah si Ristra Acne Spot Drying Treatment. Gue mendapatkan produk ini dari SOCO Box Sociolla. Pasti pada udah tahu lah yah Soco Box itu apa jadi kayanya ngga usah dijelasin lagi hehehe. Langsung kita bahas saja kemasannya, si Ristra Acne Spot ini sebenernya ada kardus pembungkusnya lagi, pokoknya kesannya kaya produk elegan yang mahal. Tapi, ini produk acne spot yang mahal dibanding produk lain yang gue review wkwk. Dikemas dengan botol kaca ukuran kecil dan desainnya minimalis. Tutupnya ulir dan ada bantalan penyanggah lagi untuk mulut botolnya supaya tidak gampang tumpah. Buat informasi kemasannya sendiri terdapat pada kardusnya. Ukurannya cukup handy, namun menurut gue masih riskan kalau mau dibawa pergi-pergi huhu.

obat totol jerawat

Kalau gue lihat produk acne spot terbaru dari si Ristra ini mengingatkan ku pada Mario Badescu dan juga Etude Pink Powder Spot hehe. Inovasinya menurut gue patut di apresiasi sih hehe, soalnya kemasannya hampir mirip, tapi masih lebih elegan si Ristra Acne Spot menurut gue hehe. Selain itu klaimnya si Ristra Acne Spot ini bisa mengeringkan dan meredakan jerawat dalam waktu 8 jam. Apakah iya? wkwk. Kandungan utamanya memakai Sulfur, Salicylic Acid, Calamine, Champor, Zinc Dioxide. Kalau biasanya untuk produk lotion seperti ini harus dikocok terlebih dahulu. Namun, ngga berlaku buat si Ristra Acne Spot ini. Bagian cairan bening dan endapan pink-nya tidak perlu dikocok dikarenakan kita hanya akan memakai bagian pink saja di daerah yang radang atau ada jerawatnya.

obat totol jerawat

Bagian cairan beningnya sendiri menurut gue sepertinya itu alcohol, karena produk Ristra Acne Spot ini memakai Ethyl Alcohol di dalam kandungannya. Baunya lumayan santer alcohol banget, kaya bau rumah sakit wkwk. Untuk bagian endapan pink-nya menurut gue teksturnya agak sedikit padat mirip-mirip kaya masker clay kalau udah kering gitu. Gue sendiri pertama kali pakai langsung tanpa gue kocok ke area muka gue yang berjerawat. Buat area yang bertekstur atau mumbul komedo gitu kadang suka gue pakein haha. Pas minggu berikutnya gue pakai ini dengan dikocok wkwk, tapi ternyata gue lebih suka yang dikocok gengs. Soalnya bikin kering dan jerawat batunya perlahan jadi ngempes huhu. Sementara yang ngga di kocok butuh waktu sekitar 3-4 hari buat kempes.

HANASUI ACNE TREATMENT SPOT GEL

Price Rp 24.000,-

hanasui acne spot gel

Buat produk Hanasui Acne Spot Gel ini juga gue dapetin dari gift hehe. Gue dapet satu set Acne Treatment-nya dan pas gue liat di Shopee ternyata harganya amat sangat ramah kantong bunda hehehe. Hanasui Acne Spot Gel ini kemasannya dilengkapi dengan dus, cuma dusnya udah gue buang hehe. Bagian dusnya berisi banyak informasi mengenai produknya. Untuk produknya sendiri dikemas dengan tube kecil berwarna putih dan dengan aksen hijau, dengan ujung mulut yang lancip untuk memudahkan dalam mengambil produknya dan agar tidak mengambil secara brutal wkwk. Ukurannya sendiri 15g, ukuran rata-rata Acne Spot Gel yang sering gue temui. Kemasannya sendiri menurut gue sangat handy dan paling pas kalau mau dibawa kemana-mana.

obat totol jerawat

Gue pernah pakai beberapa Acne Spot Gel dan jenis spot gel acne treatment produk yang paling gue ngga suka karena menurut gue ngga ada hasilnya dan ngga ngefek apapun di gue. Makanya gue selalu prefer yang lotion kaya si Sariayu. Awalnya gue rada skeptis sama produk ini karena bentuknya Gel gitu dan dilihat dari harganya kayanya ngga bakal ngaruh. Eh ternyata pas coba-coba ternyata ngaruh! Emang sih bener kalau tak kenal maka tak sayang wkwk. Produk ini sendiri bahan kandungan utamanya Salicylic Acid dan Vitex Castus Extract. Ada kandungan menthol-nya juga didalam produk ini namun menurut gue ini ngga panas sama sekali. Untuk teksturnya sendiri gel dan ada sedikit hint bau tea tree menurut gue. Kalau udah mengering bakalan kaya ada bercaknya di area yang udah di oles.

obat totol jerawat
Maap foto after kehapus huhu ambil dari Ig wkwk

So far gue lebih sering pakai ini tapi buat jerawat-jerawat yang receh wkwk. Jerawat yang ngga terlalu meradang banyak gitu. Kalau jerawatnya masih satu dua suka gue pakein ini dan besoknya jadi lebih kalem dan kalau udah 2 harian baru keliatan matanya. Pertama kali gue coba produk ini pas di area pundak gue ada satu jerawat dan lumayan sakit huhu. Udah ada matanya cuman aku terlalu manjah ngga mau mencet hahaha. Terus iseng pakein ini dan dalam 3 hari udah hempas tanpa harus di pencet huhu terhura ngga sih. Cuma kalau emang jerawatnya mendem terus lumayan gengges dan dipakein ini ngga mempan, yah gue pakai produk yang lain. Menurut gue ini cukup oke sih dari segi harga dan juga lumayan berpengaruh kalau buat jerawat yang mendem. Rentang waktu buat sembuhnya sih antara 1-3 harian kalau yang agak ngga gengges.

FINAL CONCLUSION

Mari kita bahas satu-satu mengenai kekurangan dan juga kelebihan masing-masing produk. Pertama yang paling lama gue pakai si Sariayu Lotion Jerawat, sebelum gue buang karena dikit lagi mau menuju masa PAO makanya gue review wkwk. Sariayu ini adalah salah satu acne spot treatment lokal yang cukup bagus menurut gue. Karena efektivitasnya yang lumayan mantul menurut gue, semisal gue pakai ini malemnya besoknya udah mulai sedikit kalem dan ngga terlalu sakit. Seperti di awal gue bilang kalau jerawat gue itu rata-rata ngga ada matanya langsung gede gitu huhu dan lumayan nyut kalau baru-baru. Kalau sekarang sih alhamdulilah udah ngga kaya gitu, paling cuma satu dua lah yah tapi yang penting udah ngga seheboh dulu. Kekurangannya udah tahu lah yah hehe, kalian bisa lihat ini pada foto kalau bekas hasilnya jadi super hitam. Kandungan menthol-nya juga kuat banget dan bikin panas banget huhu. Tapi, cuma ini satu-satunya yang manjur wkwk, tapi kayanya abis ini gue bakal eksplor beberapa acne treatment karena udah pada kece-kece banget formulasinya.

Buat si Ristra Acne Spot Treatment ini emang agak pricey dan juga kurang mantep kalau mau dibawa-bawa karena rentan pecah. Namun, ini lumayan ngefek banget cuy plus ngaruh dan yah hampir sesuai klaim-nya. Paling gue suka dari Ristra Acne Spot ini adalah ngga bikin bekas kehitaman di muka! Jadi, kalau udah di oles terus mengering atau udah ngga meradang dia ngga bikin area jerawatnya itu jadi menghitam parah kaya si Sariayu. Kalau lagi keroyokan sih tetep ada bekas cuman kalau jerawat lagi ngga parah cuma satu dua dia ngga bikin spot hitam gitu. Bisa kalian liat lah yah di foto hehehe, cuman yah kurangnya yah yang di awal gue sebut wkwk. Sementara si Hanasui Acne Spot Gel ini cukup oke menurut gue cuma kalau jerawatnya terlalu meradang alias jerawat batu/mendem gitu, dia agak cukup lama buat bisa healingnya. Tapi, menurut gue ini juga ngga kalah oke dari acne spot yang mahal dan masih oke buat di pake hehe. Apalagi harganya masih bersahabat juga menurut gue hehehe.

Kayanya segitu aja sih cuap-cuapnya hehe, sebenernya harusnya ini di review satu-satu biar keliatan ngonten bund. Cuma teteup sih males melanda hehe, jadi akhirnya gue jadiin satu ajah yah sebagai rekomendasi hehe. Mari bisikin di kolom komen adakah acne spot yang jadi andalan kalian 😋. See you guys on the next review!

RATE

Sariayu : ☆☆☆/3,8
Ristra : ☆☆☆☆/4
Hanasui : ☆☆☆☆/4





You May Also Like

8 comments

  1. Aku baru tauu Sariayu ada kemasan besarnya gini buat acne spot treatment, Ristra kayaknya oke yaaaak. Hahaha jadi mau coba Sariayu *eh, hahaha.

    Selama ini aku cuma pake BHA/ AHA produk aja totolin terosss sampe mengelopek kulit kadang saking sebelnya jerawat gak kempes-kempes, kwkakkaka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku malah belum pernah huhu.

      Iya kalo sariayu yg gede lebih ngefek di aku ketimbang yg kecil beling hehe

      Hapus
  2. Penasaran sama Ristra, kapan hari banyak yang review kayaknya oke.

    BalasHapus
  3. Ristra sih OG nya obat totol! Dari jaman dlu belum kenal skincare udah sering liat produknya dijual di pasar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku baru kali ini pake ristra hehe. Ternyata bagus 🥺

      Hapus
  4. Yang ristra pricey kalo buat aku hahaha. Hanasui ni yang penasaran banget, murah2 tapi bagus2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt too pricey jarang diskon juga wkwk. Iya hanasui murce murce emang hehe

      Hapus