SKINPROOF WORKSHOP BAHAS PENTINGNYA KREDIBILITAS PRODUK KOSMETIK

by - Maret 18, 2023

Di masa pandemi tahun 2021 kemarin kalian merhatiin ngga sih kalau banyak banget nih brand-brand lokal pendatang baru yang menghiasi pasar kosmetik Indonesia. Pertumbuhannya sendiri cukup pesat di tahun 2021 bahkan menurut data resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kenaikan untuk jumlah perusahaan indsutri kosmetika naik hingga 20,6% terhitung 2021 ke 2022 year-on-year (YoY) dan sebanyak 819 industri kosmetika bertambah menjadi 913 terhitung dari tahun 2021 hingga Juli 2022. Melihat banyaknya Industri kosmetik saat ini pastinya akan berdampak pada konsumen yang bingung untuk memilih produk. Karena sudah makin banyak juga brand-brand yang menawarkan produk yang hampir serupa dengan klaim yang lebih menarik. Gue sendiri sebagai seorang konsumen pun kadang dibikin bingung karena hampir rata-rata produk yang di sungguhkan hampir mirip dari segi benefitnya dan juga menawarkan berbagai tambahan klaim yang kadang membuat tergiur untuk membelinya. 

skinproof

Penting sekali untuk kita sebagai konsumen pastinya untuk bisa memilih produk secara bijak dan juga membaca dengan cermat setiap informasi dibagian kemasannya. Nah, sebelum menentukan kualitas dan kemanan sebuah produk, pastinya diperlukan riset dan uji dermatologis secara menyeluruh. Untuk menjawab kebutuhan ini, Skinproof hadir sebagai company research yang berfokus pada layanan riset konsumen dan uji dermatologis untuk produk industri kosmetik, kecantikan, wellness dan juga personal care. Karena pengaruh besar beauty influencer saat ini pastinya membuat penjualan produk kosmetik di Indonesia semakin meningkat dan makin maraknya overclaim yang disungguhkan. Disinilah peran penting Skinproof sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan pengujian secara dermatologis untuk bisa membantu konsumen dan produsen kosmetik agar mendapatkan produk yang berkualitas dan juga aman digunakan. Sebagai salah satu partner company research yang tepercaya oleh para brand-brand besar di Indonesia, pastinya ini menjadi salah satu perhatian untuk Skinproof di tengah maraknya kompetisi pasar kosmetik untuk itu Skinproof menggelar workshop edukasi mengenai pentingnya kredibilitas produk kosmetik. Skinproof Workshop kali ini juga turut mengundang para beauty enthusiast dengan tema The Importance of Product Credibility untuk lebih jauh memahami mengenai product yang overclaim, pentingnya kredibilitas produk kosmetik dan juga peranan penting Skinproof untuk para brand-brand kosmetik saat ini. 

SEKILAS TENTANG SKINPROOF

skinproof logo

"Skinproof (PT Derma Lab Asia) merupakan anak perusahaan dari Arya Noble yang bergerak di bidang evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen. Bermula dari pusat riset dermatologis di bawah PT Genero Pharmaceutical di tahun 2002, di tahun 2017 kini Skinproof berkembang menjadi Clinical Research Organization dan telah melayani berbagai perusahaan kosmetik ternama dalam hal consumer insight, cosmetic claim support, sensory research hingga konsultasi dan layanan regulasi. Didukung oleh tenaga ahli di bidangnya dan lebih dari 8.000 panelis di kota-kota besar di Indonesia, Skinproof terus berupaya untuk menginovasi dan memberikan solusi dalam pengembangan produk kosmetik, memberikan dukungan holistik kepada klien Skinproof, dan mengedukasi konsumen mengenai kemananan dan efektifitas produk secara netral dan independen."

Skinproof sendiri sudah banyak di percaya oleh brand-brand ternama Indonesia bukan cuma dari kosmetik saja melainkan beberapa brand besar lain untuk melakukan serangkaian riset, konsultasi dan layanan regulasi untuk produk brand tersebut. Mulai dari brand besar seperti Wardah, Unilever, Skintific, Rohto, Erha, Mama Choice, Somethinc, Paseo dan masih banyak lagi yang lainnya. Brand-brand besar tersebut mempercayakan evaluasi uji keamanan produk mereka lewat Skinproof. Ayo ada kah brand favorit kalian di sini 😋.

PENTINGNYA KREDIBILITAS PRODUK KOSMETIK

skinproof workshop

Selasa lalu, tanggal 14 Maret 2023 gue berkesempatan untuk ikut workshop dari Skinproof. Tema untuk workshop mereka mengenai pentingnya kredibilitas produk kosmetik di tengah maraknya kompetisi pasar kosmetik di Indonesia dan juga diskusi edukatif dengan para beauty enthusiast lainnya di bidang kosmetika. Sekarang ini seperti yang kita tahu industri kecantikan di Indonesia berkembang cukup pesat dan makin menjamur produk-produk kosmetika. Untuk itu Skinproof mengajak para beauty enthusiast untuk lebih aware mengenai proses kredibilitas suatu produk sebelum di pasarkan dan juga peranan penting Skinproof untuk produk-produk tersebut. 

Workshop Skinproof digelar di kantor pusat Arya Noble, Treasury Tower, SCBD Jakarta Selatan dan sebelum dimulainya sesi workshop ada Bapak Alfons Sindupranata, CEO dari Arya Noble yang memberi kata sambutan dan menjelaskan sedikit tentang Skinproof. Beliau memperkenalkan Skinproof sebagai salah satu anak perusahaan Arya Noble yang telah dipercaya oleh banyak perusahaan ternama yang ada di Indonesia sebagai mitra untuk melakukan evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen untuk bisa mengembangkan produk yang kredibel dan aman. "Meskipun merupakan bagian dari keluarga besar Arya Noble, Skinproof bergerak secara independen dan netral, sehingga secara integritas tidak perlu diragukan" Ujarnya. Selain itu, beliau berharap dengan edukasi yang tepat, masyarakat dan terutama untuk cosmetic enthusiasts lebih aware soal pentingnya kredibilitas produk, sehingga dapat memilih produk yang tepat dan bermanfaat bagi kulit.

SKINPROOF SEBAGAI PARTNER UJI RISET DERMATOLOGIS TEPERCAYA

skinproof

Setelah sesi greeting oleh CEO Arya Noble langsung dilanjutkan dengan sesi kedua membahas topik utama mengenai Pentingnya Kredibilitas Produk Kosmetik serta peranan penting Skinproof untuk menjadi layanan uji riset dermatologis yang kredibel bagi produsen kosmetik, dengan Apt.Theresia Sinandang S. Farm selaku Head of Skinproof sebagai pembicara. Menurut Ibu Theresia karena begitu pesatnya industri kosmetik saat ini, kita perlu memahami produk dari sumber yang kredibel. Karena menurut beliau beragamnya produk kosmetik saat ini, masih banyak konsumen yang belum memahami apakah produk yang mereka gunakan sesuai dengan kebutuhan kulitnya atau tidak, dan apakah klaim atau pun iklan produk kosmetik berasal dari data yang valid atau bukan.

Menurut beliau klaim pada produk merupakan alat marketing yang sangat powerful namun harus dapat dipertanggung jawabkan. "Setiap produk kosmetik dan perawatan kulit memiliki klaimnya masing-masing, seperti “Membersihkan”, “Menghilangkan”, “Menyamarkan”, atau “Hypoallergenic”, sehingga klaim produk dari produsen merupakan salah satu pertimbangan penting bagi  konsumen dalam memilih produk. Oleh sebab itu, produsen kosmetik harus dapat memberikan klaim produk yang akurat pada kemasan agar tidak menyesatkan konsumen", ujar Ibu Theresia.

Menyoroti masalah kredibilitas dan produk overclaim yang marak terjadi di industri kosmetik saat ini, dikatakan oleh Ibu Theresia bahwa untuk menentukan product claim perlu dilakukan riset dan analisa secara mendalam untuk bisa memastikan bahwa produk tersebut memiliki kadar tepat untuk memberikan hasil pada penggunanya. Nah, disinilah peranan Skinproof sebagai salah satu layanan uji riset serta dermatologis yang diperuntukan untuk para produsen kosmetik. Bekerjasama dengan Denova Science Pte Ltd salah satu lembaga riset dermatologis di Singapura dan juga dengan jaringan dermatologis yang ada di Indonesia, Skinproof berkomitmen untuk memberikan layanan evaluasi yang kredibel dan memastikan bahwa kandungan yang terdapat di dalamnya telah sesuai dengan manfaat yang diharapkan dari produk tersebut setelah melalui berbagai tahapan riset di Skinproof.

KEUNGGULAN SERVICE SKINPROOF SEBAGAI LAYANAN UJI RISET

skinproof service

skinproof

Sejak didirikan tahun 2017, Skinproof telah dipercaya oleh berbagai brand ternama seperti White Lab, Somethinc, Erha, Paseo, Wardah dan masih banyak lagi, untuk melakukan serangkaian riset yang di lakukan oleh Skinproof. Layanan uji riset tersebut meliputi consumer insight, cosmetic claim support, sensory research hingga konsultasi dan layanan regulasi untuk produk kosmetik. Kedepannya, Skinproof akan terus berupaya untuk melakukan inovasi layanan untuk dapat memberikan solusi dalam pengembangan produk kosmetik, memberikan dukungan holistik kepada para klien Skinproof, dan mengedukasi konsumen mengenai keamanan dan efektifitas produk secara netral dan independen. 

Di workshop ini ada sesi untuk skin check untuk bisa mengetahui tingkat kelembapan pada kulit, mengukur kadar air di kulit dan skin tone kulit kita lewat tangan dengan menggunakan alat dengan teknologi yang mutakhir yang biasa dipakai oleh team Skinproof saat riset di Lab. Selain itu, kita juga bisa face analysis melalui Mark Vu Facial Skin Analyzer alat yang biasa di pakai oleh team Skinproof yang bisa mengetahui permasalahan terdalam mengenai kondisi kulit wajah kita. Dengan adanya pengecekan melalui kedua alat tersebut membuktikan bahwa Skinproof memakai alat-alat yang sudah mutakhir dan masa kini. 

MENGENAL TREN KANDUNGAN SKINCARE TERKINI

skinproof workshop

skinproof workshop

Selain membahas tentang kredibilitas produk ada informasi menarik mengenai kandungan skincare yang masih belum familiar di Indonesia yang dipaparkan oleh Apt. Ike Indrawanti, S.Farm sebagai Cosmetic Scientist dari Skinproof. Beliau menyampaikan bahwa seiring dengan berkembangnya teknologi dan inovasi di bidang kecantikan, kandungan bahan aktif untuk kosmetik pun juga ikut berkembang. Ibu Ike menyebut bahwa kandungan kosmetik tersebut bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti atopic dermatitis, stressed skin dan skin aging. Ada 4 bahan aktif yang disebutkan oleh Ibu Ike, yaitu :
  • AD-Resyl®, untuk mencegah tanda-tanda klinis dari kondisi atopic dermatitis.
  • Bel-EvenTM, untuk meredakan efek stres pada kulit.
  • Algaktiv® Genofix Nite, untuk mengoptimalkan pemulihan dan perbaikan sel-sel kulit pada malam hari.
  • Adeplump, untuk menghasilkan tampilan plumping pada kulit dan bibir.
Untuk keempat kandungan tersebut sudah sangat terkenal di dunia kosmetik di luar negeri sana. Sayangnya, semua kandungan ini belum masuk ke pasar kosmetik Indonesia, namun semoga saja bisa memasuki pasar kosmetik Indonesia.



Setelahnya, ada sesi Q&A untuk teman-teman beauty yang ingin menanyakan lebih jauh mengenai Skinproof dan pembahasan mengenai ingredients skincare bersama para narasumber. Lalu terakhir sesi foto bersama teman-teman beauty enthusiast yang lain dan juga dengan para narasumber. Untuk gue pribadi ini salah satu pengalaman yang super insightful dan jadi makin tahu mengenai company research seperti Skinproof. Untuk temen-temen yang ingin tahu lebih jauh mengenai Skinproof atau mungkin tertarik untuk jadi salah satu panelis Skinproof bisa nih langsung kepoin ke official website mereka atau bisa juga lewat instagram mereka. Linknya gue tulis di bawah yah. Thank you bestie yang sudah baca!


Official Website :


Official Instagram :



Source image : Skinproof Archives
Source info : Skinproof website



You May Also Like

2 comments

  1. ooh aku baru tauu, kalo brand mau uji dermatologis skincare bisa ke skinproof ini yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba jadi buat memastikan lagi bahwa produknya ini memang sudah aman dan untuk sunscreen juga bisa uji disini mba valid atau ngga buat kadar SPFnya hehe

      Hapus