REVIEW MISSHA TIME REVOLUTION THE FIRST ESSENCE RX PRO

by - Mei 22, 2021

Halo teman-teman Selamat Lebaran semuanya mohon maaf lahir yah .
I'm back to another review setelah sekian lama tak bersua hehe.

Akhirnya setelah berbulan-bulan gue pakai produk ini dengan berbagai trial and error hehe, saatnya gue kasih pendapat gue tentang produk ini. Seperti yang kalian tahu kalau gue seneng banget pakai korean beauty product dan gue selalu explore skincare product-nya terutama hehe. Karena essence toner gue yang sebelumnya sudah habis dan gue juga udah lama banget incer produk ini sebenernya tapi masih agak ragu, karena banyak review yang bilang produk ini ngga terlalu kasih efek, ada juga yang bilang malah bikin muka mereka breakout dll. Makanya gue sempet galau banget mau ganti essence toner dari yang produk yang biasa gue beli atau ganti ke brand Missha ini hehe. Gue dari jaman kapan tahu udah ngincer banget produk Missha Time Revolution The First Essence ini, tapi yah gidhu harganya bikin sakit hati hahaha. Meski masih "katanya" tergolong affordable yah cuman gimana yak, masih meronta-ronta kantong waktu itu hahaha. Untungnya sekarang sudah banyak e-commerce yang jual dengan harga bersahabat, terutama pas promo-promo di awal-awal bulan jadi akhirnya gue memutuskan untuk membeli si Missha Time Revolution the First Essence Rx Pro, panjang yah namanya terlalu panjang ketimbang LBP kayanya hehe.

missha time revolution

Gue memutuskan beli ini dikarenakan research berbagai review dan juga ceki-ceki ingredients-nya di ingredients checker. Selain itu produk ini juga diskon di official Missha di Shopee, yah kayanya pas banget lah makanya gue langsung check out hahaha. Gue pakai ini dari akhir desember 2020 dan masih menemukan banyak trial and error saat pakai produk ini. Sampai saat ini masih gue pakai meski on-off hahaha tapi masih tetep gue pakai karena sayang banget kalau gue ngga pake huhu, gue juga pakai ini bareng berdua suami meski dia makenya kalo gue suruh aja hehe. Daripada kebanyakan intro kayanya gue akan langsung ke review-nya saja, scroll down untill the end yah hehe.

ABOUT MISSHA TIME REVOLUTION THE FIRST ESSENCE

"FTE generasi ke-4 menghadirkan daya penguat dengan partikel khusus yang membantu bahan perawatan kulit dapat diserap lebih cepat dan lebih baik. Mengandung ekstrak mutiara dan beras yang menghilangkan sel-sel kulit mati, membuat kulit lebih jernih dan mulus. Memberikan kelembaban pada kulit dan menjaga keseimbangan kulit. Versi RX ini adalah generasi baru dari The First Treatment Essence Intensive Moist." (Source info and Pic : Stylekorean.id)


KEY INGREDIENTS

  • Cicaenzyme Fermentations - Memberikan kelembaban untuk kulit dan menjaga kesimbangan kulit
  • Pearl Reef Extracts - Ekstrak mutiara yang didalam cuka yang berfungsi untuk mengeksfoliasi sel kulit mati dan juga membuat kulit menjadi lembut, bercahaya dan bersinar.
  • Rice Extracts - Mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang membuat kulit lembut dan bercahaya.
Jadi Missha Time Revolution Essence yang gue pakai sekarang ini adalah versi terbarunya mereka yaitu generasi ke-4. Sebelumnya di generasi ke-3 ada Missha Time Revolution The First Treatment Essence The Moist secara ingredients sih gue lihat memang banyak perbedaan mulai dari teknik double ferment, dan juga Missha Time Revolution the First Essence Rx Pro generasi ke-4 ini lebih minimal ingredients.

PACKAGING

Missha Time Revolution the First Essence Rx Pro dikemas dengan box putih susu dengan embos dibagian nama produknya. Kemasan botol untuk Missha Time Revolution the First Essence Rx Pro ini sendiri terbuat dari botol kaca yang cukup kokoh dan kelihatan mewah. Yah cuman tetep aja yah sista jangan dicoba-coba buat ngetes bakal bisa tahan banting atau ngga hehe. Dibagian atas mulut botolnya saat dibuka pertama kali akan ada penutup lagi untuk menjaga isi produknya, hampir mirip sama packaging si Secret Key sih di bagian atasnya ada tutup penjaganya lagi.

missha time revolution

Di box atau kardusnya sendiri sudah terdapat berbagai informasi mengenai produk Missha Time Revolution the First Essence Rx Pro ini. Mulai dari ingredients, penjelasan produk yang sudah memakai bahasa inggris dan juga nama distributor. Buat kemasannya sendiri sih memang ngga travel friendly sih karena ukurannya yang cukup gede dan ngga handy. Kayanya sih ini ada versi sample size kecilnya gitu sih tapi gue juga kurang informasi juga sih hehe. Biasanya sih kalo mau jalan-jalan atau nginep gitu udah gue masukin ke botol miniature gitu biar bisa teteup glowing meski sedang jalan-jalan hahaha.

INGREDIENTS

missha time revolution

Dibagian kardusnya sudah tertulis komposisi dari si Missha Time Revolution the First Essence Rx Pro ini, kalau gue compare sama versi lamanya komposisi dari Missha Time Revolution the First Essence Rx Pro cukup minimal dan no harsh ingredients didalamnya. Seperti klaimnya mereka memformulasikan ulang untuk bagian komposisinya fermentasinya dengan menggunakan teknik "cold-on-double fermentation" sehingga Missha Time Revolution the First Essence Rx Pro generasi ke-4 ini digadang-gadang mendekati persis dengan produk SK-II. Selain itu produk ini juga free paraben, free artificial color, artificial fragrance dan bahan-bahan yang harsh lainnya.

missha time revolution

Based on beberapa website skincare checker yang gue sambangi produk Missha Time Revolution the First Essence Rx Pro ini termasuk kategori yang cukup bagus dari segi ingredients dan juga tidak menggunakan bahan-bahan yang membuat iritasi untuk kulit. Kalau dilihat memang sangat menjanjikan yah produk ini. Selain itu banyak ingredients unggulan yang dipakai Missha Time Revolution the First Essence Rx Pro seperti Niacinamide, Glycerin, Ceramide, Bifida Ferment Lysate yang bagus untuk mengembalikan skin barrier yang telah rusak dan juga menjaga agar skin barrier tetap terlindungi dari kerusakan.

TEXTURE & SCENT

Tekstur Missha Time Revolution the First Essence Rx Pro cair namun menurut gue konsistensinya kalau di compare dengan FTE Secret Key, si Missha Time Revolution the First Essence Rx Pro ini masih cenderung sedikit kental. Soalnya saat di tuang ditangan gue ngerasa ini masih ada sedikit sensasi licin-kental gitu kaya pake micellar water. 

missha time revolution

Karena sesuai dengan klaimnya tidak memakai artificial fragrance maka si Missha Time Revolution the First Essence Rx Pro tidak berbau sama sekali. Gue sama sekali ngga mencium bau-bau aneh apapun di essence ini kalau pun ada kayanya samar banget. Menurut gue sih lebih bagus gini sih untuk skincare yang essence bener-bener minim dari wewangian dan bener-bener ga berbau yang aneh, karena biasanya kulit gue akan bereaksi kalau ingredients yang dipakai terlalu banyak kandungan fragrance-nya.

HOW TO USE 

Biasanya gue pakai ini setelah dibersihkan pakai toner yang sifatnya exfo gitu, biasanya gue pakai clean & clear toner yang biru setelah cuci muka buat make sure lagi masih ada residu lagi atau ngga setelah itu baru deh pakai si Missha Time Revolution the First Essence Rx Pro ini buat jadi first essence buat prepare kulit untuk pakai produk skincare selanjutnya.

Facial Wash → Toner → FTE Missha → Serum → Moisturizer


missha time revolution
Please don't mind my babu face 😌

Cara pakainya sih ditepuk-tepuk manja gitu haha atau pakai kapas, tapi karena ini termasuk mahal yah mending langsung dibaur pake tangan make sure tangannya bersih yah. Missha Time Revolution the First Essence Rx Pro ini juga bisa dipakai buat CSM-an tapi kalau gue sih belum coba hehe soalnya kulit gue suka ngga cocok kalau terlalu lembab keadannya. 

OVERALL THOUGHTS

Gue beli ini di penghujung akhir tahun 2020 kemarin dan sekarang lagi on-off gantian sama essence dadakan yang gue beli di Guardian hehe. Sebenernya alesan kenapa lama banget up review-nya karena gue ngerasa super bingung sama hasil pemakaian dari si Missha Time Revolution the First Essence Rx Pro huhu. Kita bahas dulu hal yang positif dari Missha Time Revolution the First Essence Rx Pro ini, yang pertama adalah si Missha Time Revolution the First Essence Rx Pro minimal ingredients dan ngga pakai bahan-bahan yang aneh-aneh. Gue suka banget dari ingredients-nya yang ngga aneh-aneh dan terdapat bahan-bahan yang bagus untuk skin barrier. Kedua yang gue suka adalah saat pemakaian ini kerasa banget langsung smooth, iya muka gue langsung smooth pas besokan paginya huhu. Udah gitu bikin efek cerah tapi ini ngga instan loh yah butuh beberapa waktu buat keliatan cerahnya. Ini cerah yah bukan putih, cerah gitu jadi ngga begitu keliatan kusam. Selain itu buat kulit berminyak gue ini lumayan melembabkan pake banget, tapi ngga lembab berminyak gitu lembab yang bikin kulit glowing. Nah sekarang mari bahas hal yang bikin gue berada diantara love-hate situation *aelah. 

Sebenernya sih hasil dari pemakaian si Missha Time Revolution the First Essence tuh kelihatan banget ngga kaya si FTE Secret Key yang cukup lama kurun waktunya baru terlihat hasilnya. Jadi ini baru conclusion gue aja sih, dulu pas pake si FTE Secret Key gue selalu merhatiin komedo gue yang baru gue ekstrasi cuma dalam waktu itungan hari mulai muncul kepermukaan huhu. Karena jenis kulit gue oily dan pori-pori gue cukup geradakan jadi kayanya timbulnya kaya lebih cepet gitu dari biasanya. Kalau pake FTE Secret Key biasanya gue hindari pakai di area hidung sama dagu terlalu banyak, karena di area itu cepet banget numbuhnya. Entah muka gue yang terlalu sensitive apa gimana tapi pake si Missha Time Revolution the First Essence ini malah lebih parah gaes 😑, bisa ceki-ceki nanti di instagram gue bakal gue highlight karena gue udah sering share juga hehe. Nah kalo pas pake FTE Secret Key area muka yang tadi disebutin gue hindari itu ngga terlalu parah jadinya, tapi kalau pake Missha udah di sedikitin masih aja komedo gue berhamburan huhu. Paling parah area jidat yang makin-makin ngga karuan jadi timbul beruntusan(lagi) padahal baru juga happy udah sembuh, eh malah muncul lagi huhu. 

Source : Incidecoder

Nah yang gue lihat di ingredients-nya ada kandungan ini, mengingat vinegar itu termasuk dalam kandungan exfoliate golongan AHA yang cukup mild, namun kalau kadar yang dipakai banyak bisa menimbulkan iritasi dan juga membuat kulit kering. Sepertinya sih gue ngga cocok sama yang berbau bahan AHA(Alpha Hydroxy Acid), karena ngga sekali ini sih kaya gini gue pernah juga pakai kandungan AHA malah beruntusan huhu. Gue masih pake sih cuma intensitasnya dibatasi dan ngga terlalu sering dan kalau pake juga ngga over cuma secukupnya. So far sih agak ngaruh sedikit sih meski di area jidat masih abu-abu banget jadinya, kadang mulus kadang geradakan huhu. Entah lah karena si Missha Time Revolution the First Essence ini or something else. Menurut gue untuk kulit dry skin atau sensitive skin akan suka banget sama si Missha Essence ini karena super hydrate dan membantu menjaga skin barrier juga.Gue beli ini kebetulan pas banget lagi diskon di Shopee seperti biasa haha, di Official Missha Indonesia jadi harga 270rb an kalo gue ngga salah. Sekarang gue ceki-ceki di Shopee atau di Sociolla harganya malah masih kisaran 400 - 500 ribu huhu. Apakah ku akan repurchase kembali si Secret Key atau si Missha ini, entahlah huhu. Any recommend gaes Essence yang masih masuk akal harganya agar kantong tak meronta hehe. Comment down below if you have or sharing if ever using this essence.





You May Also Like

9 comments

  1. Ini katanya dupe high end brand dengan much affordable price ya. Packagingnya bagus banget doff accent. Salah satu wishlistku selain artemesia tonernyaa 🤩🤩

    BalasHapus
  2. Ah kulitku juga sensi sama AHA tp yg glycolic acid. Kalau lactic acid so far ga masalah, tp kalo vinegar kyk gini aku belum pernah nyoba juga sih. Baru tahu malah hahaha

    BalasHapus
  3. Ini WL ku dari kapan tau😂 tapi belum kebeli-beli :").. Eh, samaaaaa.. aku juga suka hindari daerah idung, dagu, dahi kalau pakai produk yang bikin cepet clogging pores

    BalasHapus
  4. Ini caem sih booster nya, pernah pakai tahun lalu eh sekarang upgrade lagi huhu harganya mana makin mahal 🤣

    BalasHapus
  5. ini wishlistku dari tahun kapan 😂😂😂 cuman maju mundur karena harganya mihiill

    BalasHapus
  6. FTE Secret Key sama Missha Time Revolution the First Essence, duo Essence yang hits banget. dulu waktu pertama belajar skincare.an 2 produk ini sering banget di mention dimana-mana, sampe sekarang belom pernah nyobain. Melihat harganya hmmm lumayan juga ya wkwk mungkin bisa nyoba Essencenya avo Kak

    BalasHapus
  7. Aku ingat dulu pernah cobain ini yg versi mini or travel size, it was good. Jadi pengen beli full size.

    BalasHapus
  8. kebanyakan produk FTE korea tuh pasti pake bahan fermentasi yah 🤩 aku juga pernah pakai dari secret key dan hasilnya mirip gini juga 😁

    BalasHapus
  9. Pertama kali liat ini merasa packagingnya mirip brand sebelah yaa.. Dulu keluar pas jaman2 skincare lokal belum banyak hahaha

    BalasHapus