Langsung ke konten utama

PERAWATAN WAJAH UNTUK PEMULA

Halo teman-teman online Selamat Tahun Baru hehe, maaf yah telat banget gue ngucapinnya.
Let's be happy gaes dan tentunya berdo'a agar tahun ini jauh lebih baik 😁 aaaammmmiiin.

Jadi untuk meramaikan konten di blog ini hehehe, gue membuat artikel mengenai basic skincare atau perawatan wajah untuk pemula versi gue pastinya. Di tahun ini gue cukup concern sama kulit muka gue terutama, apalagi di tambah drama yang terjadi setahun belakangan ini membuat muka gue juga ikutan stress huhu. Seperti yang kalian tahu bahwa gue cukup struggling dalam melakukan berbagai macam perawatan untuk wajah dan cukup picky untuk membeli skincare yang gue akan pakai, yah seperti yang kalian tahu lah muka gue sangat rentan 😑. Untungnya sih mulai membaik meski belum seratus persen mulus sih hehe, karena dark spot gue cukup syusah untuk dihilangkan dengan cepat, setidaknya masih lebih baik lah yah daripada sebelumnya.


Dulu saat pertama kali gue mulai pandemi jerawat kala itu, gue tuh beneran buta banget masalah skincare. Gue cuma tahu cream wajah sama pembersih muka doang 😂, sama cleansing buat bersihin make-up dan itu pun gue pake Viva Milk Cleanser punya emak gue hahaha. Pas tinggal sendirian alias nge-kos gue mulai bingung buat pakai apa karena bingung cari referensinya, saat itu internet belum seperti sekarang dan informasi yang ada masih membuat gue bingung huhu. Untungnya sih saat itu di tahun 2016 Mba Liah Yoo (beauty youtuber), sudah mulai eksis dan kasih informasi mengenai masalah kondisi kulit meski gue masih tetep bingung untuk nama istilah-istilah dalam dunia per skincare-an.

Semakin gue belajar masalah tentang kulit dan juga produk skincare akhirnya lambat laun gue semakin mengerti produk-produk skincare seperti serum, ampoule, essence, dll. Karena gue sudah mulai mengerti tentang istilah-istilah nama di dunia per skincare-an, membuat mempermudah gue untuk menemukan produk essential yang selalu jadi main product untuk skincare gue, namun untuk bisa ketahapan seperti itu kita juga harus tahu tahapan awal untuk pemula yang sering sekali disepelekan, namun sangat penting.

Hal yang paling awal dilakukan dalam memilih skincare adalah mengetahui jenis kulit kalian tergolong kedalam tipe yang mana. Saat ini sudah banyak article mengenai tipe jenis kulit wajah, jadi pastikan kalian melakukan research terlebih dahulu sebelum hendak membeli skincare yang akan kalian gunakan. Sebelum membeli berbagai macam jenis produk skincare yang ada, sebaiknya kita mengetahui tahapan awal dalam penggunaan skincare. Tahapan yang dilakukan saat melakukan perawatan wajah untuk pemula ini dibagi menjadi 4 tahapan dan akan gue bahas satu-satu. 


Step 1 : CLEANSING

Membersihkan wajah itu adalah tahapan awal yang penting, meski kita hanya didalam rumah saja tetap penting untuk melakukan pembersihan muka. Untuk membersihkan kotoran debu, polusi, terutama yang hobi make-up penting sekali untuk melakukan tahapan ini. Selain itu dalam tahapan ini perlu dilakukan dua kali atau istilah yang paling umum digunakan dalam dunia skincare adalah double cleansing, kenapa tahapan ini perlu dilakukan dua kali karena untuk membersihkan residu-residu dari make-up, kotoran dan juga bahan kimia seperti sunscreen yang sifatnya oil based.

Tahapan ini sering kali diabaikan dan disepelekan, padahal ini adalah modal penting saat kita akan memakai tahapan skincare selanjutnya. Agar saat kita mengaplikasikan produk skincare selanjutnya produk yang kita pakai akan menjadi maksimal hasilnya karena sudah dipersiapkan sebelumnya dengan kondisi muka yang masih bersih dan fresh. Jadi untuk kalian yang merasa "koq produk ini katanya bagus, tapi koq ngga ngefek yah di aku", yah gimana mau efek yah wong ngebersihin mukanya aja asal, terus dulu sering banget gue dapet kata-kata ini "gue udah cocok koq ngebersihin muka pakai sabun bayi", meski gue masih amat awam dikala itu, gue tetep ngga setuju sih, jadi tetep yah bunda kulit kita dan kulit bayi itu berbeda, jadi plis jangan disamakan huhu.

Masih setia pakai ini hehe

Untuk produk First Cleanser, ada banyak jenis yang bisa kalian pakai mulai dari Cleansing Oil, Micellar Water, Cleansing Balm dll. Kesemuanya adalah produk yang bisa mengangkat kotoran yang sifatnya oil based dan juga residu-residu dari kotoran make-up dan juga debu. Sekarang ini sudah banyak sekali produk-produk First Cleanser yang ada di pasaran mulai dari yang lokal hingga produk luar, tinggal disesuaikan saja dengan budget yang kalian punya.


Setelahnya ada Second Cleanser, untuk lebih membersihkan lagi residu-residu/partikel kotoran yang masih menempel pada wajah saat kita melakukan first cleanser. Tahapan ini juga selanjutnya yang akan lebih mempersiapkan wajah untuk memakai tahapan skincare selajutnya. Kalau untuk tahapan ini sih menurut gue bebas-bebas saja untuk kalian mencari facial cleanser yang sesuai dengan kebutuhan/kondisi kulit. Namun makin maraknya berbagai informasi/artikel mengenai facial cleanser, banyak sekali sebenarnya beberapa ingredients yang harus di hindari seperti kandungan SLS (Sodium Laureth Sulfate), Paraben, Silica. Selain itu banyak juga yang menganggap bahwa kandungan Low PH jauh lebih bagus karena tidak akan membuat wajah menjadi kesat/kering, namun tetap terjaga kadar lembabnya. Namun balik lagi yah gaes semua disesuaikan dengan kondisi kulit dan juga kebutuhan kulit.

Step 2 : TONING

Dalam tahapan ini toning terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Balancing Toner, Hydrating Toner dan Acid / Exfoliaton Toner. Dalam tahapan ini bagian yang wajib sebenarnya adalah Hydrating Toner yang berfungsi untuk tetap menjaga kelembaban atau mengembalikan kembali Ph kulit setelah proses pembersihan dengan facial cleanser. Untuk Balancing Toner sendiri fungsinya hampir sama seperti Hydrating Toner namun menurut gue ini diperuntukan untuk tipe kulit yang mempunyai masalah dry skin atau sensitif, biasanya Balancing Toner ini akan membantu mereka untuk mengembalikan kembali kelembaban atau Ph balance sehabis facial cleanser, lalu setelahnya memakai Hydrating Toner agar kulit bisa lebih terhidrasi dengan baik.


Untuk gue sendiri memakai Acid Toner atau yang sifatnya mengeksfoliasi pada saat sehabis facial cleanser setelahnya memakai Hydrating Toner. Kulit muka gue masuk kedalam golongan kombinasi berminyak dan rentan berjerawat maka gue lebih memilih untuk melalukan acid toning setelah mencuci muka dengan facial cleanser. Meski cara yang gue lakukan ini masih tergolong pro-kontra dan banyak yang bilang tahapan ini kurang penting namun gue sendiri merasa cara ini jauh lebih efektif untuk gue dan membuat muka gue jadi tidak terlalu banyak jerawat. 

Jadi balik lagi yah gaes, pastikan kembali kondisi kulit kalian itu apa, kalau tipe mu adalah kering dan butuh layering banyak Hydrating Toner, step ini bisa di lakukan sampai beberapa kali. Namun harus tunggu hingga beberapa saat dulu hingga meresap atau mungkin bisa model skincare "raup" seperti mba beautywimp. Pokoknya tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan kulit kalian.

Step 3 : MOISTURISING

Dalam tahapan ini agar semakin sempurna dalam mengunci kelembaban wajah sehabis memakai Hydrating Toner maka kita perlu menyempurnakannya dengan memakai pelembab wajah atau moisturizer. Fungsi dari pelembab sendiri adalah untuk memaksimalkan produk skincare yang kita pakai sebelumnya dan juga mengunci kelembaban wajah agar tetap terhidrasi dengan baik. Meski punya kulit yang berminyak sangat penting untuk tetap memakai pelembab untuk wajah untuk bisa tetap menjaga kadar air yang ada pada wajah, agar tidak keriput sebelum waktunya.


Untuk jenisnya sendiri sekarang sudah lebih bervariasi dan tidak melulu cream based, ada yang gel atau yang teksturnya mild cream. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan kulit kalian, kalau tipe kalian berminyak seperti gue, bisa pakai yang teksturnya mild atau cream gel. Jika kulit kalian kering atau tipe sensitif bisa pakai yang teksturnya cream yang cukup thick dan juga tidak memakai bahan yang harsh untuk kulit. Intinya jangan sampai skip untuk penggunaan moisturizer atau pelembab dikarenakan ini adalah salah satu step yang cukup penting. 

Sekarang ini sudah mulai banyak local product yang bermunculan dengan paket lengkap, untuk formulasi juga tidak kalah bagus dengan produk luar. Jadi, tinggal kalian sesuaikan dengan budget dan juga kebutuhan untuk kulit kalian agar jangan sampai memilih produk pelembab. 

Step 4 : PROTECTING

Setelah ketiga tahapan sebelumnya sudah mulai di jalani dengan baik, maka alangkah baiknya jangan melupakan hal ini yaitu memakai SUNSCREEN. Penggunaan skincare yang kalian pakai, tidak akan artinya bila kalian tidak memproteksi kulit kalian dari ganasnya paparan sinar matahari yaitu UV A dan UV B. Hal ini sering kali dilupakan dan juga disepelekan oleh banyak orang, padahal ini adalah kunci penting untuk kalian yang sudah pakai skincare berlapis untuk tetap melindungi kulit kalian dari sinar matahari yang dapat merusak kulit.

Meski di pagi hari kita sudah memakai moisturizer yang ber SPF atau foundation yang ada kandungan SPF-nya tetap penting untuk memakai sunscreen, dikarenakan untuk tetap melindungi jahatnya sinar matahari dari kulit kita serta melindungi kita dari penuaan dini.


Untuk baiknya memakai sebanyak dua ruas jari kita, untuk efektif dalam memproteksi kulit dari paparan sinar matahari. "Ih banyak yah kak? bikin berminyak." Yah disesuaikan saja dengan jenis kulitmu boyen. Jika kulitmu berminyak di re-apply saja sebanyak dua ruas jari kita namun tidak langsung di aplikasikan sekaligus, namun sedikit-sedikit agar tidak terasa lengket dikulitmu yang berminyak.

Sekarang ini juga banyak sekali pilihan sunscreen produk lokal yang bagus untuk kulit, dan lagi-lagi tinggal disesuaikan dengan budget dan juga kebutuhan kulitmu. Kalau untuk travelling sebisa mungkin memilih sunscreen yang waterproof dan juga disesuaikan dengan kondisi kulitmu. Karena biasanya butuh proteksi yang lebih saat kita sedang travelling, karena pastinya akan lebih sering di outdoor untuk explore tempat, jadi jangan sampai lupa untuk protect your skin with sunscreen 😉.

KAPAN MEMULAI ?

Saat remaja sebenarnya adalah usia yang cukup bagus untuk memulai, tapi kalau sudah masa telat kaya gue misalnya hehe yah ngga masalah. Tahapan skincare ini sebenarnya sangat basic dan juga sangat essential. Untuk serum dan kawan-kawan skincare yang lain juga salah satu tahapan yang penting memang untuk saat ini, namun lagi-lagi untuk serum serta tahapan skincare yang lain adalah tambahan walau memang cukup penting perannya. Karena pada dasarnya tahapan awal skincare ini adalah untuk pemula sebelum explorisasi ke dunia per-skincare-an sebelum kamu pakai teman-teman skincare lainnya. Terutama untuk dedek gemes yang masih usia belasan seperti aku pada dahulu kala ada baiknya kalian memakai tahapan ini sebagai langkah awal untuk pengenalan ke dunia skincare. 


Budget aku tidak ada Khak . . . Yah dulu gue mengalami sih hehe jadi ngga mau judge 😅. Tapi sekarang ini sungguh mudah mencari produk skincare terutama brand lokal. Jadi tinggal disesuaikan dengan budget dan juga NIAT pastinya untuk membeli produk skincare yang kalian mau. Juga tidak lupa untuk me-research produk-produk yang akan kalian beli agar nantinya tidak terbuang percuma dikarenakan tidak cocok. Sepertinya segitu dulu aja gaes, jikalau ada kesalahan dalam penulisan atau informasi yang disampaikan ku mohon maaf hehe. Leave in the comment if I was wrong hehe 😊. Sekian.



Source Info :
➞ Kompasiana.com
➞ Female daily
➞ Journal sociolla
➞ arizonaderm.com
➞ allure.com

Komentar

  1. aku baru ngeh istilah STMP tuh akhir2 ini mba, ternyata itu singkat ahahaha. btw aku masih penasaran sama secret key tapi essenceku yg sekarang belum abis :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. CTMP kak hehe. Iya lagi happening bgt skincare sekarang haha. Bagus mba secret key yg original yah. Bukan yg Rose gold kaya gitu. Makasih udh mampir 😗

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW MADAME GIE BB FEMME FOUNDATION

Hai apa kabar semua ??  Semoga semua senantiasa semangat yah ditengah wabah yang tak kunjung kelar ini 😁 Kali ini gue mau review lagi salah satu produk lokal yang lagi naik daun belakangan ini. Yah meski gue telat tapi gue juga mau memberi impression gue soal produk ini. Produk ini kepunyaan artis Indonesia Gisella Anastasia yaitu Madame Gie .  Tahun lalu kayanya lumayan banyak banget artis-artis Indonesia yang bikin produk Makeup selain bolu yang katanya kekinian 😂. Rata-rata sih harganya menurut gue yang kaum duafa ini kurang affordable, lalu dari segi packaging menurut gue seperti terlihat murahan dan tidak dikemas seperti brand yang mahal. Emang sih mereka kan rata-rata pakai nama mereka jadi pasti otomatis harganya juga tidak lah ekonomis. Terus tidak lama berselang dunia beauty dihebohkan oleh produknya si mama Gempita yaitu Madame Gie , harganya menurut gue amat sangat affordable dan juga brandingnya cukup bagus. Kali ini gue akan review Madame Gie BB Femme Foundation yang ka

REVIEW : SCARLETT WHITENING SERUM

Akhir-akhir ini skincare lokal lagi cukup hits yah, sampai-sampai hampir semua produk kayanya ada, mulai dari facial wash, toner, moisturizer sampai serum pun ada. Saat ini sih yang gue lihat, brand lokal mulai banyak yang mengeluarkan serum, dengan berbagai fungsi dan juga ingredients yang cukup bikin mupeng buat coba. Sekarang gue juga bakal ngebahas produk serum yang ngga kalah hits-nya dari produk brand lokal yang lain, setelah mengeluarkan seri Body Care-nya yang cukup viral dimana-mana, Scarlett Whitening akhirnya mengeluarkan Serum. Ada 2 varian serum yang mereka keluarkan yaitu Scarlett Brightening Serum dan Scarlett Acne Serum , setelah hampir 3 minggu pemakaian akhirnya gue bisa kasih impression soal produk ini. Penasaran ? Scroll down for the detail . Jangan sampe di skip okay hehehe. Kalau kalian sudah baca artikel yang gue posting beberapa waktu lalu soal masalah jerawat di artikel My Acne Story, pasti kalian tahu lah yah kalau gue lagi bergelut dengan yang namanya jeraw

REVIEW : Implora Urban Lipcream Matte

Sekarang ini produk lokal lagi berlomba-lomba banget ngeluain produk baru yang menurut gue cukup menarik hati dan tentu bikin kantong bolong heuheu 😆. Gue udah mulai beburu beberapa produk lokal yang lagi marak dibicarakan orang-orang buat jadi bahan di blog nanti hahaha. Tapi kali ini gue mau review salah satu lippie yang lagi tenar saat ini dan cukup banyak yang rave dia bagus hehehe. Gue agak telat sih hahaha, tapi gapapa lah yah. Jadi gue niatnya mau bikin make up lokal under 50K di channel utub gue hahaha. Ya lilah gue malu haha tapi kalo kalian berbaik hati kiranya di subs mungkin cenel gue yang ngga seberapa ini hahaha. Sepertinya tren lipcream belum lah berakhir sodara-sodara masih banyak banget produk lokal yang ngeluarin varian ala-ala lipcream yang cukup bikin hati dan kantong meronta hehe. Eiittss tapi untungnya gue mau review produk lipcream matte dari Implora Cosmetics dengan harga yang cukup bersahabat hehe. Kalau gue sih ngga gitu asing sih denger produk ini

REVIEW LINDOR COLORFIX LIPSTICK

Haiiiii, Please yah jangan bosen-bosen sama gue hahaha. Kali ini gue exited mau review produk lokal yang murah meriah 😚. Yeay gue senang karena menemukan produk ini hehehe. As usual ini bukan barang baru sih karena gue melihat sudah banyak juga yang review tentang produk ini. Apakah itu?? Produk yang gue maksud adalah LINDOR Colorfix Lipstick . Mungkin banyak yang sudah tahu produk ini atau mungkin masih bertanya-tanya hehehe. Ini Lipstick Matte yang gue pernah pake sih hehe jadi gue ga asing cuman bukan punya gue punya emak gue hahaha. Warnanya tsakep sih gue lupa warna apa merah agak orange gitu ehehe. Berawal dari itu gue ceki-ceki soal si Lindor eh ternyata ini bukan barang abal lho 😃. Udah banyak ternyata yang review soal produk ini dan ada nomor BPOM nya jadi jelas ini bukan abal hehehe. Lindor Cosmetics ini dibawah naungan PT Cosmolab Prima yang pusatnya ada dipurwokerto dan gue cek websitenya (gatau ini web resminya atau bukan) ternyata ini juga yang bikin My Darling

REVIEW Makarizo Hair Energy Scentation Morning Dew

Aloha kali ini gue mau review soal pewangi rambut, belakangan ini gue lagi suka buat pakai ini kalo lagi ga keramas hahaha. Yah anggaplah ini dry shampoo hehehe, walau tak serupa.  Gue pakai ini udah beberapa bulan dan akhirnya dapat kesempatan buat review HAHAHA. Maklum lah penyakit malas gue kambuh :D. Jadi Brand ini udah ngeluarin produk ini udah lama siiihhh cuma gue baru menyadari hahaha. Produk yang gue maksud adalah Makarizo Hair Energy Scentation, gue emang suka banget sama Brand Makarizo semua Hair Product nya gue sukak apalagi Creambath Hair nya yang wangiiiiii banget kalo abis pemakaian :3. Mari kita lihat penampakannya :D. Bisa dilihat bentukannya botolnya kayak gini dan easy to carry bangetlah jadi kalo mau dibawa-bawa juga bisa. Makarizo Hair Energy ini ada 2 ukuran, satu yang ukuran kaya punya gue gini dengan kemasan 100 ml dan yang satu lagi ada kemasan yang unyunya ukurannya kalo ga salah 30 ml. Kalo yang mini sih udah pasti jauh lebih ekonomis kalo mau dibaw

REVIEW : L'OREAL PARIS INFALLIBLE MORE THAN CONCEALER

Halo semuanyaaahh hehehe. I'm back with another review 😁. Before I wanna start to review , mau ngucapin bela sungkawa  untuk teman-teman yang sedang terkena musibah dimana pun agar senantiasa selalu diberi ketabahan, keberkahan dan selalu kuat 💪, sending a lot of pray for you guys . Semoga badai virus dan juga badai-badai yang lain semua cepat berlalu. Amin 😇. Let's go back to bussiness hehehe. Pertama kali pakai make-up gue cuma pakai bedak padat doang a.k.a compact powder hehehe. Saat itu masih remajah manjah jadi muka masih ngga gitu bermasalah HAHA. Gue buta banget soal make-up dan bener-bener ngga tahu urutan pakai make-up itu kaya gimana hehe. Pas pindah kerja gue di haruskan untuk dandan yang bener hahaha. Baru deh mulai dikit-dikit kenal sama macem-macem jenis make-up. Pas udah berumur 😐, muka udah semerawut dark circle dimana-mana sampe noda jerawat dimana-mana baru lah gue mencari yang namanya ' Concealer '. Penemuan concealer gue di kala itu juga lumaya