Antara Aku, Iritasi Dan Nivea

by - Oktober 11, 2020

Akhirnya as promise gue bikin artikel tentang muka iritasi yang gue pamerin di artikel My Acne Story 😂, ini adalah full cerita dimana kebodohan gue terjadi HAHA. Please jangan di tiru yah kakak hehe, sangking desperate-nya sama muka yang berjerawat, gue jadi melakukan kebodohan ini. Let's we start read the beginning of my stupid mistakes.

cara menyembuhkan iritasi

Gue itu anaknya masker banget, skincare gue terbilang minim hehehe (saat tahun itu). karena kalau skincare kan impact-nya cukup besar kalau gue salah beli tiba-tiba breakout (sering kejadian hehe) bisa nambah stress gue, kalau masker kan ngga kaya gitu hehhe. Jadi ini ceritanya sekitar dua tahun yang lalu di 2018 yang lalu saat gue masih kerja jadi baburista, gue secara kebetulan liat di explore instagram ada si Marshanda yang lagi pake masker dari bahan alami gitu (DIY masker), iya Marshanda si aktris itu si mantannya Ben Kasyafani (eeeeaaa). Dia bikin masker pakai cinnamon yang dicampur pakai madu, setelah gue lihat itu kalian tahu lah yah gue ngapain, yaitu mencari bahan serupa untuk dibikin hal yang sama hahaha. Awal pemakaian sih ngga ada sesuatu yang aneh gitu lah dan lumayan bikin bersih muka gue. Gue pakai masker ini 3x seminggu sih dan lumayan suka karena bikin bersih muka gue dan bikin seger juga. 

Gue mulai keranjingan banget pakai masker cinnamon dikarenakan murah meriah dan ngga perlu beli masker di online hahaha. Yah tapi kadang semua ngga bisa berjalan sesuai yang kita harapkan, sampai akhirnya ada kejadian dimana gue kena iritasi di seluruh muka gue, awalnya gue ngga sadar kalau karena masker cinnamon dan madu yang jadi biang keroknya. Sampai akhirnya gue kena lagi untuk yang kedua kalinya baru lah ku sadar ternyata gara-gara si masker cinnamon dan madu yang jadi penyebabnya huhuhu. Jadi kenapa masker cinnamon dan madu itu jadi bikin gue iritasi dikarenakan madu yang gue pakai itu bukan madu murni melainkan madu yang sudah diberikan beberapa tambahan sintetik, makanya muka gue langsung bereaksi. Jadi di awal pemakaian gue pakai madu yang brand ambassador-nya kakak Nez Mo, pas pakai madu ini muka gue ngga menimbulkan reaksi apapun. Karena madunya habis gue pakai untuk masker dan gue minum juga, akhirnya gue membeli madu pas lagi ke supermarket dan madu yang biasa gue pakai habis dan hanya bersisa yang madu dengan brand yang berbeda dan ku ambil lah madu tersebut. Bodohnya gue ngga melihat ingredients 😑, karena gue mikirnya yah pasti sama lah ternyata berbeda sahabat. Madu yang gue beli dengan brand yang berbeda ternyata tidak pure madu dan mengandung banyak zat sintetik-nya. Dibeberapa artikel yang gue lihat di google ternyata 2 bahan ini lumayan bikin pro-kontra huhu, tapi nasi sudah jadi bubur pemirsah. Yah kalian tahu lah yah ending bagaimana 😔. 

mengatasi iritasi kulit

Pas kejadian itu gue sempet galau berat karena pas kejadian itu gue harus masuk kerja, aaarrgghh gue kepengen ngga masuk tapi baru aja off, karena gue kerja di cafe jadi otomatis harus berhadapan langsung dengan pelanggan dan itu makin bikin gue frustasi. Akhirnya gue iseng-iseng buka yutub dan menemukan mba Liah Yoo yang kena hal serupa kaya gue walau dia iritasinya masih tergolong ringan menurut gue, kalau kalian bertanya siapa itu Liah Yoo kalian tinggal cari saja di yutub hehe. Singkatnya dia kasih tips gitu dan lumayan membantu dalam penyembuhan muka bonyok gue. Berikut adalah tips singkat perpaduan antara gue dan mba Liah Yoo :

  • Tidak MENGGARUK MUKA, Salah satu permasalahan gue adalah garuk menggaruk, waktu pertama kejadian gue menggaruk muka gue tanpa sadar pas tidur, ya karena gue pakai masker ini sebelum bobo. Sumpah yah gatelnya tuh banget-banget pengen banget gue rasanya taro muka gue ke aspal biar garuknya di aspal aja sangking frustasinya.
  • Memakai Aloe Vera Gel, Kalau kalian punya aloe vera yang udah kemasan gitu, kalian bisa pakai itu buat ngurangin rasa gatal yang ada. Efek shooting nya bisa membantu bikin calming wajah sesaat biar ngga terlalu semakin parah efeknya. Sayangnya waktu itu aloe vera Nature Republic punya gue udah abis dan biasanya gue beli ini tuh lewat online dan sayangnya sold out dimana-mana dan pas udah sembuh tiba-tiba Nature Repiblic ada offline storenya dong 😑.
  • Membuat air rendaman dan masker dari Oatmeal, Mba Liah Yoo waktu itu menjadikan ini sebagai pengganti toner dan juga dijadikan sebagai masker, tapi karena gue ngga begitu suka ini sebagai toner karena tekstur-nya yang membuat kesan lengket setelah dipakai akhirnya gue menjadikan ini sebagai air bilasan untuk gue cuci muka hehe. Gue tetap pakai ini sebagai masker sebelum gue mandi. Oatmeal sendiri bisa bikin calming muka yang lagi iritasi dan mengurangi kadar muka yang kemerahan.
  • NO SKIN CARE, Kalau sedang iritasi parah sebaiknya penggunaan skincare tidak usah dipakai, karena untuk menghindari kondisi muka yang tambah parah dengan penggunaan skincare yang kita belum tahu apakah toleran atau tidak jika kita memakai skincare di saat muka sedang dalam masa pemulihan. Kalau gue sendiri memang saat itu skincare yang gue pakai hanya sedikit dan gue sendiri juga menghindari pemakaiannya karena takut bertambah parah.

✔ Memakai NIVEA CREAM/CREME

nivea review
Maap gaes nivea gue abis 😢 (Source : google)

Jadi pas gue lihat video-nya mba Liah Yoo dia tetap pakai moisturizer, namun tipekal moisturizer yang dia pakai adalah moisturizer basic putih pekat dan cukup thick teksturnya. Waktu gue lihat moisturizer yang dia pakai saat itu adalah Avene Cream, memang moisturizer ini di formulasikan khusus untuk kulit yang sensitif. Namun apa daya sahabat, kantong ini meronta melihat harganya HAHA. Akhirnya gue memutuskan untuk membeli Nivea Creme dengan alih-alih moisturizer basic yang hampir mirip kaya si Avene Cream hehe. Hasilnya surprisingly super sahabat, ternyata ngga salah gue pilih produk ini hehehe. Gue langsung izin beli ini sama temen gue yang jaga cafe, untungnya store gue itu di area mall jadi deket banget sama drugstore hehe, pas beli langsung gue pakai dan hasilnya langsung kelihatan hehehe. Gila seneng banget-banget karena dalam semingguan lebih gue pakai ini hasilnya super terlihat membaik.

kulit iritasi

As you can see yah super cepet banget healing-nya, dari hari pertama pemakaian sampe sekitar semingguan udah mulai membaik skin barrier-nya huhu. Ini tuh kaya penyelamat banget rasanya, ngga nyangka cream yang suka di pakein emak gue pas gue kecil bisa seberguna ini HAHA. Teksturnya cukup thick dan bikin muka greasy(berminyak) namun karena saat itu muka gue sedang di masa-masa keringnya sampe ngeletek maka produk ini lah yang kubutuhkan. Gue pakaikan ini beberapa kali ke muka gue, karena saat itu muka gue kering parah sampe ngeletek dibeberapa bagian huhu dan untungnya setelah di oles pakai ini mulai sedikit demi sedikit bisa sembuh dan bagian yang ngeletek bisa hilang.

Setelah semingguan lebih pakai Nivea Creme dan masker oatmeal kulit gue berangsur-angsur membaik. Gue tetap cuci muka menggunakan facial wash, namun yang tidak ada tekstur/bulir scrub. Saat itu yang gue pakai adalah Senka Perfect Whip Facial Foam yang original, tapi gue pakai ini size amount-nya tidak banyak sedikit banget dan habis itu dibilas dengan air rendaman oatmeal. Gue ngga ke dokter kulit karena terlalu parno haha, takut di omelin dokternya 😅, bukan masalah uangnya sih gaes tapi jujur gue terlalu parno buat ke dokternya huhu. Makanya gue mencoba untuk menyembuhkan sendiri ehehe, tapi just in case kalian kaya gue langsung ke dokter aja okay 😋.

Kayanya segitu aja pembahasan gue soal iritasi dan kebodohan yang gue lakukan, semoga kalian tidak melakukan kebodohan serupa seperti yang gue lakukan haha. Ini adalah cara gue dalam menyembuhkan iritasi yang gue alami kalau misalnya menurut kalian dirasa kurang atau salah mohon dimaafkan, namun cara tersebut adalah cara yang berhasil di gue 😀.


karinaherdani


You May Also Like

6 comments

  1. ya ampun kak tadi aku nyari blog kaka dari klik profile tapi private profile nya, jadi akhirnya aku search di google nama kakak dong untung ketemu XD

    Ngomong ngomong aku juga pernah breakout tapi gak nyadar nyadar juga kalau yg aku pake itu kebanyakan yg bikin aku breakout. pas nyadar pengen banget marah sama produknya :')

    btw kakak jadi barista dimana? kebetulan aku di kampus ikut kegiatan kayak gitu, jadi malu ketemu barista beneran hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya mba baru sadar kalo private 😂.
      Sudah resign kak aku hehe dulu kerja di coffee yang mirip" kaya putri duyung hehe.
      Makasih kak sudah mampir 🙏

      Hapus
  2. aku baru tau ga semua madu bisa dipake ke muka :( aku kadang juga pake madu kak agnez mo buat maskeran. nivea creme ngeredain banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalo yang madu kak agnez mo itu ngga bikin iritasi karena kebetulan ingredientsnya full madu murni tanpa sintetik. Pas salah ambil merk lain malah begitu, karena kan si cinnamon itu ada bahan acidnya jadi pas ketemu yang salah jd gitu huhu. Makasih kak sudah mampir :)

      Hapus
  3. Nah iya nih, tadi mau nebak breakout wajahnya karena madu, beneran ternyata.
    Saya dong jarang minum madu gara-gara susah nyari yang asli, lebih enak memang pakai madu asli yang dijual botolan gitu, sayangnya kalau enggak teliti, bisa-bisa juga madunya campuran.

    Tapi syukurlah udah lebih baik ya.
    Sedih banget kalau breakout dan kudu keluar karena harus kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba huhu pas kerja rada malu karena mesti pake masker terus hehe. Iya emang pemilihan madu harus diperhatikan. Makasih mba sudah mampir :D

      Hapus